Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal ISP (Internet Service Provider)

Kompas.com - 16/10/2020, 23:33 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet). ISP adalah perusahaan yang menyediakan akses internet kepada pelanggan. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Apa itu ISP?

Setiap kali kita terhubung ke internet, koneksi kita dirutekan melalui ISP. Biasanya, ISP disebut sebagai provider (penyedia).

Menurut Encyclopaedia Britannica, ISP adalah perusahaan yang menyediakan koneksi dan layanan internet untuk individu dan organisasi.

Setiap ISP menyediakan layanan yang berbeda-beda kepada pelanggannya. Tidak hanya menyediakan koneksi internet tetapi juga meliputi pemeliharaan dan instalasi.

Melansir Techopedia, ISP biasanya adalah perusahaan kabel atau perusahaan telepon seluler yang menawarkan langganan internet, selain TV atau layanan komunikasi seluler. ISP juga dikenal sebagai Internet Access Provider atau IAP (Penyedia Akses Internet).

Baca juga: Cara untuk Mengakses Internet

Mengutip TechTerms, untuk terhubung ke ISP, kita membutuhkan modem dan akun aktif. Saat menghubungkan modem ke telepon atau kabel outlet di rumah, berarti kita melakukan komunikasi dengan ISP.

ISP memverifikasi akun kita dan memberikan alamat IP ke modem kita. Setelah kita mendapatkan alamat IP, kita akan terhubung ke internet.

Kita juga bisa menggunakan router (berupa perangkat terpisah atau terintegrasi dalam modem) untuk memungkinkan beberapa perangkat sekaligus terhubung ke internet.

Jika beberapa perangkat dirutekan melalui modem yang sama maka akan memiliki alamat IP publik yang sama sesuai yang ditetapkan oleh ISP.

ISP bertindak sebagai hub di internet karena sering terhubung langsung ke tulang punggung internet. Akibat besarnya jumlah lalu lintas yang ditangani, ISP memerlukan koneksi bandwidth tinggi ke internet.

Untuk mencegah gangguan akses internet, ISP harus menambahkan lebih banyak bandwidth ke koneksi tulang punggung internetnya. Caranya dengan meningkatkan jalur yang ada atau menambahkan jalur yang baru.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

Mengutip Kiddle, ISP biasanya menawarkan jasa ke area perumahan atau untuk keperluan komersial. Contoh klien ISP adalah kantor, hotel, perpustakaan, rumah, dan lain-lain.

Perusahaan ISP atau IAP biasanya mengenakan biaya untuk memasang koneksi internet dan biaya bulanan untuk pemeliharaan. ISP menawarkan berbagai jenis koneksi seperti dial-up, DSL, melalui kabel serat optik, melalui koneksi televisi kabel, atau nirkabel.

Melansir Computer Hope, contoh ISP adalah AT&T, CenturyLink, Cox Cable, Google Fiber, Sparklight, Spectrum/Charter Communications, Verizon, Xfinity, Windstream.

Mengutip Kominfo, di Indonesia, penyelenggara jasa internet tergabung dalam organisasi bernama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) yang berdiri pada 15 Mei 1996.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com