Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara untuk Mengakses Internet

Kompas.com - 16/10/2020, 22:03 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagaimana cara untuk mengakses internet? Kita bisa menggunakan modem, koneksi internet broadband, atau smartphone (ponsel pintar) untuk menyediakan layanan internet ke komputer. Berikut ini penjelasannya:

Melansir Computer Hope, untuk mengakses internet kita memerlukan salah satu dari tiga perangkat berikut ini, yaitu modem, broadband, atau smartphone.

  • Terhubung ke internet dengan modem

Modem atau modem broadband adalah perangkat keras yang menghubungkan komputer atau router ke jaringan broadband. Untuk menyambung ke internet, komputer harus memiliki modem internal atau eksternal dan saluran telepon rumah.

Setelah modem terpasang, kita perlu ISP. Komputer dapat tersambung ke internet menggunakan ISP lokal atau ISP besar yang menyediakan layanan internet hampir di seluruh dunia.

ISP tersebut biasanya memberi petunjuk tentang cara menyambungkan modem ke layanan internet. Serta dukungan pemecahan masalah jika terjadi masalah konektivitas.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

  • Terhubung ke internet dengan broadband

Broadband dikenal sebagai internet berkecepatan tinggi atau transmisi pita lebar dan kadang-kadang disingkat BB.

Broadband adalah teknologi telekomunikasi yang menyediakan akses internet berkecepatan tinggi menggunakan beberapa saluran sinyal digital secara bersamaan.

Broadband dapat mengirimkan sinyal pada koneksi kabel menggunakan kabel coaxial, fiber optic, twisted-pair, atau secara nirkabel pada jaringan seluler.

Mengakses internet menggunakan broadband jauh lebih cepat daripada modem 56k standar. Karena memiliki lebih banyak bandwidth yang memungkinkan kita mengakses banyak hal menarik di internet. Seperti menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game.

Layanan broadband biasanya disediakan oleh perusahaan telepon atau kabel. Perusahaan yang menyediakan layanan broadband akan memberi perangkat keras (misal modem kabel) untuk menyambungkan ke layanan internet.

Saat menggunakan ISP, biasanya disertai petunjuk cara menyambungkan modem ke layanan internet. Menyediakan dukungan pemecahan masalah jika terjadi gangguan konektivitas. Bahkan mengirim teknisi untu membantu menyiapkan layanan internet ke komputer kita.

Baca juga: Sejarah Internet

  • Terhubung ke internet dengan smartphone

Kita bisa menggunakan ponsel pintar untuk terhubung ke internet dengan tethering (penambatan). Tethering adalah sebuah proses yang memungkinkan ponsel pintar bertindak sebagai titik akses nirkabel.

Tetapi tidak semua ponsel pintar mampu melakukan tethering. Dan tidak semua operator ponsel mengizinkan ponsel pintar di jaringannya untuk digunakan sebagai penambatan.

Perangkat keras untuk mengakses internet

Mengutip GCF Global, setidaknya ada dua perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet. Adapun perangkat untuk mengakses internet tersebut adalah:

Baca juga: Tahapan Perkembangan Internet

  • Modem

Komputer tidak memerlukan banyak perangkat keras tambahan untuk terhubung ke internet. Bagian utama perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet adalah modem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com