Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Contohnya

Kompas.com - Diperbarui 24/01/2022, 17:07 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disingkat dengan TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Dalam bahasa Inggris, TIK disebut dengan Information and Communication Technology (ICT).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmi pengetahuan terapan. Dapat juga diartikan sebagai keseluruhan dan kenyamanan hidup manusia. 

Pengertian informasi menurut KBBI yaitu penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu. Sedangkan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan. Dapat diartikan sebagai berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. 

Kesimpulannya, pengertian TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi. 

Baca juga: Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Penyedia akses informasi melalui telekomunikasi 

Mengutip Tech Terms, TIK mengacu pada teknologi yang menyediakan akses informasi melalui telekomunikasi.

TIK mirip dengan Teknologi Informasi (TI) tetapi fokus utama TIK pada teknologi komunikasi, seperti internet, jaringan nirkabel, telepon seluler, dan media komunikasi lainnya.

Berdasarkan situs UNESCO Institute for Statistics, TIK adalah perangkat teknologi dan sumber daya yang beragam yang digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi.

Contoh teknologi informasi dan komunikasi adalah:

  • Komputer;
  • Internet (situs web, blog, dan email);
  • Teknologi siaran langsung (radio, televisi, dan webcasting);
  • Teknologi penyiaran yang direkam (podcast), pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan);
  • Telepon (telepon kabel, telepon seluler, satelit, visio atau konferensi video)

Baca juga: Keuntungan dari Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK)

Makna teknologi informasi dan teknologi komunikasi

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi juga bisa dimaknai secara terpisah. Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer.

Teknologi komunikasi digunakan untuk memindahkan informasi dari sumber ke penerima. Contoh teknologi komunikasi adalah telepon dan televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com