Kompas.com - 16/10/2020, 22:03 WIB
Ilustrasi perangkat elektronik teknologi nirkabel untuk mengakses internet. FREEPIK/MACROVECTORIlustrasi perangkat elektronik teknologi nirkabel untuk mengakses internet.

KOMPAS.com – Bagaimana cara untuk mengakses internet? Kita bisa menggunakan modem, koneksi internet broadband, atau smartphone (ponsel pintar) untuk menyediakan layanan internet ke komputer. Berikut ini penjelasannya:

Melansir Computer Hope, untuk mengakses internet kita memerlukan salah satu dari tiga perangkat berikut ini, yaitu modem, broadband, atau smartphone.

  • Terhubung ke internet dengan modem

Modem atau modem broadband adalah perangkat keras yang menghubungkan komputer atau router ke jaringan broadband. Untuk menyambung ke internet, komputer harus memiliki modem internal atau eksternal dan saluran telepon rumah.

Setelah modem terpasang, kita perlu ISP. Komputer dapat tersambung ke internet menggunakan ISP lokal atau ISP besar yang menyediakan layanan internet hampir di seluruh dunia.

ISP tersebut biasanya memberi petunjuk tentang cara menyambungkan modem ke layanan internet. Serta dukungan pemecahan masalah jika terjadi masalah konektivitas.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

  • Terhubung ke internet dengan broadband

Broadband dikenal sebagai internet berkecepatan tinggi atau transmisi pita lebar dan kadang-kadang disingkat BB.

Broadband adalah teknologi telekomunikasi yang menyediakan akses internet berkecepatan tinggi menggunakan beberapa saluran sinyal digital secara bersamaan.

Broadband dapat mengirimkan sinyal pada koneksi kabel menggunakan kabel coaxial, fiber optic, twisted-pair, atau secara nirkabel pada jaringan seluler.

Mengakses internet menggunakan broadband jauh lebih cepat daripada modem 56k standar. Karena memiliki lebih banyak bandwidth yang memungkinkan kita mengakses banyak hal menarik di internet. Seperti menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game.

Layanan broadband biasanya disediakan oleh perusahaan telepon atau kabel. Perusahaan yang menyediakan layanan broadband akan memberi perangkat keras (misal modem kabel) untuk menyambungkan ke layanan internet.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.