Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Diri Sendiri Saat "Video Call" Akibatkan Kelelahan Mental

Kompas.com - 30/04/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi baru mengenai aktivitas otak mengungkapkan, melihat diri sendiri selama melakukan panggilan video dapat mengakibatkan kelelahan mental.

Peneliti di Universitas Galway, Irlandia menemukan bahwa orang yang mengikuti rapat atau pertemuan virtual melalui aplikasi seperti Zoom menjadi lebih lelah ketika melihat diri sendiri di layar.

Baca juga: Studi Kasus Bedah Plastik, Para Ahli Manfaatkan Video Call

Dikutip dari Independent, Selasa (23/4/2024), dalam studinya, peneliti melakukan percobaan menggunakan pemantauan elektroensefalografi (EEG) terhadap 32 sukarelawan yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan.

Semuanya berpartisipasi dalam panggilan Zoom langsung, dengan mode tampilan diri aktif dan nonaktif pada waktu berbeda.

Pemantauan EEG yang dipasang dikepala mengonfirmasi bahwa tingkat kelelahan secara signifikan lebih besar terjadi pada saat peserta melihat diri mereka sendiri.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa perempuan lebih banyak mengalami kelelahan saat menggunakan Zoom dibandingkan laki-laki.

Teori yang diajukan untuk perbedaan gender ini adalah karena adanya peningkatan kesadaran diri perempuan terhadap penampilan mereka ketika melihat diri mereka di layar.

Namun, studi baru yang mengukur kelelahan pada tingkat neurofisiologis mempertanyakan apakah memang perbedaan gender berpengaruh pada kelelahan panggilan video.

Hasilnya, penelitian mengungkapkan bahwa laki-laki dan perempuan sama-sama merasa lelah ketika melihat diri melihat diri mereka sendiri di layar.

Temuan ini tidak hanya berkontribusi pada pemahaman tentang kelelahan yang dialami akibat meningkatnya penggunaan platform video conference di tempat kerja.

Baca juga: Studi: Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Akan tetapi, temuan juga menawarkan wawasan praktis bagi tempat kerja yang ingin melindungi kesejahteraan karyawan di era kerja hybrid dan jarak jauh.

"Saat ini platform video conference masih banyak digunakan dalam pekerjaan dan pendidikan karena menawarkan berbagai keuntungan dibandingkan pertemuan tatap muka. Namun, orang sering kali melaporkan merasa lelah karena itu," kata Eoin Whelan, peneliti dari Universitas Galway.

Peneliti pun menyimpulkan rasa lelah yang dirasakan saat melakukan panggilan video itu adalah nyata dan melihat bayangan sendiri membuatnya makin melelahkan.

Menonaktifkan kamera untuk sementara waktu dapat membantu mengimbangi kelelahan dalam rapat virtual itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com