Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Gerhana Matahari Total Berikutnya Akan Terjadi?

Kompas.com - 19/04/2024, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana matahari total merupakan peristiwa yang jarang terjadi dan dinamis sehingga menghasilkan salah satu pemandangan alam yang paling spektakuler.

Pada hari Senin, 8 April 2024, terjadi gerhana matahari total yang membuat 15 negara bagian Amerika Serikat (AS) tiba-tiba menjadi gelap.

Mengingat gerhana matahari total adalah fenomena yang jarang terjadi, apakah peristiwa berikutnya akan terjadi lagi dalam waktu yang lama?

Kapan gerhana matahari total berikutnya terjadi?

Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada Rabu, 12 Agustus 2026. Saat itu, Bumi akan mengalami kegelapan di siang hari dan akan tampak sekilas mahkota Matahari atau atmosfer terluar dengan mata telanjang.

Gerhana matahari total ini akan terlihat dari sebagian Greenland, Islandia, Spanyol, dan sebagian kecil Rusia. Kapan tepatnya peristiwa ini terjadi bergantung pada tempat pengamatan.

Baca juga: 5 Hal yang Menarik Diketahui tentang Gerhana Matahari Total 8 April

Gerhana matahari total rata-rata terjadi di suatu tempat di Bumi setiap 18 bulan. Namun, gerhana matahari total jarang terlihat dari daerah berpenduduk padat.

Meski jarak waktu terjadinya gerhana matahari total tidak terlalu lama, fenomena ini rata-rata terjadi di tempat yang sama di Bumi setiap 366 tahun sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com