Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2024, 09:33 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi ditandai dengan mudahnya akses internet bagi masyarakat luas. Keberadaan internet banyak membantu aktivitas sehari-hari saat ini. 

Bagaimana internet dapat dikenal? Bagaimana sejarahnya?

Baca juga: Jangan Abaikan, 7 Efek Buruk Bermain Gadget dan Internet pada Anak-anak

Penemuan internet

Dilansir dari laman resmi University System of Georgia, internet mulai dikembangkan pada tahun 1960an sebagai cara bagi peneliti pemerintah untuk berbagi informasi. 

Pada tahun tersebut, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek lembaga ARPA (Advanced Research Projects Agency), mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

ARPANET yang menjadi cikal bakal internet 'modern' saat ini.

Teknologi berkembang pesat pada tahun 1970-an melalui karya dua ilmuwan, Robert Kahn dan Vinton Cerf yang mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, atau TCP/IP. 

TCP/IP adalah sebuah model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

ARPANET mengadopsi ini pada 1 Januari 1983, dan lahirlah internet “modern”. 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari lahir resmi Internet. 

Perkembangan internet

Dilansir dari History, tahun 1989, Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web (WWW). Sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi di internet melalui antarmuka grafis.

Meskipun sering disalahartikan dengan internet itu sendiri, web sebenarnya hanyalah sarana paling umum untuk mengakses data online dalam bentuk situs web dan hyperlink.

Baca juga: Apakah Badai Matahari yang Dahsyat Bisa Melumpuhkan Internet?

Penemuan ini membuat internet semakin populer dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Pada tahun 1993, internet secara resmi dikomersialkan. Hal ini membuka jalan bagi perkembangan internet yang semakin pesat hingga saat ini. 

Masuknya internet ke Indonesia

Internet masuk ke Indonesia pada awal tahun 1990-an.

Pada tahun 1994 peluncuran penyedia layanan internet (ISP) pertama di Indonesia, baik Ipteknet maupun IndoNet dan pendirian UI-Vision, situs web pertama dari Universitas Indonesia menjadi bukti masuknya internet ke Indonesia.

Akses internet untuk umum melalui layanan dial-up menjadi lebih luas pada tahun 1996 dengan adanya layanan TelkomNet dari PT. Telkom.

Baca juga: Berkat Internet, Misteri Monolit Logam di Gurun Utah Mulai Terpecahkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com