Gurita Punya Kromosom Seks Tertua di Dunia Hewan

Kompas.com - 12/03/2024, 10:12 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menurut penemuan terbaru terkaut genom gurita, Cephalopoda mungkin memiliki kromosom seks tertua dibandingkan hewan mana pun.

Hal ini menjadi masalah mengingat para ilmuwan pun hingga saat ini belum mengetahui cara penentuan jenis kelamin dalam gen gurita.

Sejauh ini, untuk menentukan apakah seekor gurita jantan atau betina, para ahli biologi hanya mengandalkan pengamatan dengan membedakan antara gurita yang bertelur dan yang menghasilkan sperma.

Pencarian genom gurita tidak menunjukkan tanda yang jelas mengenai sistem kromosom seks. Para ilmuwan mulai bertanya-tanya, mungkinkah jenis kelamin cephalopoda ditentukan oleh faktor lingkungan, seperti suhu tempat telur disimpan, bukan pewarisan kromosom yang berbeda.

Akhirnya, para peneliti di Oregon University melakukan upaya untuk memecahkan misteri tersebut.

Baca juga: Ilmuwan Amati Lengan Gurita yang Bisa Ambil Keputusan Sendiri Tanpa Otak

Penentuan jenis kelamin gurita

Studi pra-cetak para ahli di Oregon University, yang saat ini sedang ditinjau oleh rekan ilmuwan lainnya, memberikan bukti pertama penentuan jenis kelamin genetik di antara gurita.

Studi tersebut meneliti gen gurita di dua tempat di California (Octopus bimaculoides), yang seluruh genomnya diurutkan. Hasilnya, para peneliti menemukan pasangan kromosom yang unik.

Peneliti menemukan pasangan kromosom unik pada kromosom nomor 17, dan hal ini menarik perhatian para peneliti ketika mereka membandingkan genom gurita jantan yang telah diurutkan sepenuhnya dengan genom gurita betina. Gurita betina sepertinya kehilangan salah satu dari dua salinannya.

Lebih jauh, para peneliti mengatakan, mereka menemukan tanda-tanda yang jelas dari sistem penentuan jenis kelamin ZW, yang terlihat pada burung, krustasea, dan beberapa serangga.

Manusia mengandalkan sistem XY, yakni dua kromosom X menciptakan rancangan tubuh perempuan, sedangkan kehadiran kromosom Y memicu perkembangan karakteristik laki-laki.