Kompas.com - 19/06/2023, 14:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hewan memiliki rentang usia yang sangat panjang, ada yang mencapai puluhan hingga ratusan tahun.

Namun, ada juga hewan yang berumur pendek, salah satunya adalah gurita. Hewan pintar ini biasanya hanya hidup sekitar satu sampai dua tahun.

Gurita tergolong hewan semelparous, yang bereproduksi hanya sekali sebelum mereka mati. Dengan demikian, gurita betina akan mati setelah ia kawin dan bertelur.

Alasan induk gurita mati setelah bertelur

Setelah bertelur, induk gurita akan berhenti makan. Ia akan menjaga telurnya sampai menetas selagi perlahan-lahan mati karena kelaparan. Terkadang, gurita akan merobek kulitnya sendiri dan memakan ujung tentakelnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Gurita Berubah Warna?

Sekarang, para ilmuwan telah menemukan alasan dibalik fenomena tragis ini. Dilansir dari Science Alert, ilmuwan mengatakan, perilaku ini ada hubungannya dengan kelenjar optik di antara mata gurita, kelenjar yang mirip dengan kelenjar pituitari pada manusia.

Pada tahun 1977, para peneliti mengangkat kelenjar tersebut dan menemukan bahwa naluri keibuan gurita menghilang; gurita meninggalkan telurnya, mulai makan lagi, dan hidup lebih lama.

Pematangan organ reproduksi tampaknya didorong oleh sekresi dari kelenjar optik. Sekresi yang sama ini mungkin menonaktifkan kelenjar pencernaan dan ludah, yang menyebabkan gurita mati kelaparan.

Dalam penelitian, ahli neurobiologi dari University of Chicago menggunakan alat pengurutan genetik untuk menggambarkan sinyal molekuler yang tepat yang dihasilkan oleh kelenjar optik gurita California betina (Octopus bimaculoides) setelah bereproduksi.