Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lipstik Merah Tertua di Dunia Ditemukan di Iran, Seperti Apa?

Kompas.com - 27/02/2024, 20:06 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arkeolog yang mempelajari sebuah pemakaman kuno di Iran menemukan artefak yang menarik.

Ahli menemukan artefak kuno yang diidentifikasi sebagai botol kosmetik berbentuk tabung kecil terbuat dari klorit.

Baca juga: Sejak Kapan Lipstik Ditemukan dan Digunakan?

Tapi yang mengejutkan lagi di dalam tabung kecil itu mereka menemukan sisa-sisa bubuk berwarna merah dengan campuran bahan-bahan unik yang diyakini sebagai lipstik.

Botol yang berasal dari Zaman Perunggu ( 2000 hingga 1600 SM) ini pun menjadi contoh lipstik merah tertua yang ditemukan di dunia.

Lipstik merah tertua

Mengutip Ancient Origins, Sabtu (24/2/2024) tabung berukir yang berisi lipstik itu ditemukan di pemakaman berusia 4000 tahun di wilayah Jiroft di Iran tenggara.

Tim arkeolog dari Universitas Padua Italia kemudian melakukan studi terhadap zat halus yang diambil dari botol kuno tersebut. Zat halus itu kering seiring waktu.

Dengan menggunakan berbagai metode analisis berteknologi tinggi, termasuk difraksi sinar-X dan spektrometri massa, para peneliti mengidentifikasi jejak beberapa mineral berbeda dalam lipstik yang dicampur dengan lilin nabati dan organik.

Mineral bernama hematit lah yang memberikan warna semburat merah tua, sedangkan lilin nabati memberikan bau seperti parfum.

Hebatnya, campuran kompleks ini sangat mirip dengan resep lipstik modern. Bahan-bahan ini akan menghasilkan pasta lembab yang teksturnya mirip dengan lipstik saat ini.

Karena bahan-bahan organik disertakan, perkiraan waktu pembuatan lipstik dapat diperoleh dengan menggunakan teknik penanggalan karbon.

Pengujian ini menunjukkan sisa-sisa lipstik berasal dari tahun 1.936 dan 1.687 SM, yang menghubungkannya dengan budaya Mar?aši Iran kuno.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Lipstik

"Temuan ini tidak mengejutkan mengingat tradisi yang berkaitan dengan estetika sudah lama dikenal di Iran kuno," tulis peneliti dalam studi mereka.

Lipstik bukanlah satu-satunya jenis kosmetik yang digunakan masyarakat Mesopotamia Zaman Perunggu.

Eyeliner adalah kosmetik yang paling umum digunakan pada masa itu, baik oleh pria maupun wanita. Kosmetik itu terbuat dari bubuk hitam yang disebut sormeh.

Botol lipstik yang unik

Lebih lanjut penemuan botol yang jadi wadah lipstik itu juga merupakan penemuan menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com