Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Cepat Ikan Piranha Memakan Mangsanya?

Kompas.com - 01/02/2024, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Piranha merupakan salah satu dari lebih dari 60 spesies ikan bergigi tajam yang hidup di sungai dan danau Amerika Selatan.

Kebanyakan spesies piranha tidak tumbuh lebih dari 60 cm. Warna ikan ini cukup bervariasi, mulai dari keperakan dengan bagian bawah oranye hingga hampir seluruhnya hitam.

Ikan piranha, umumnya, memiliki perut bertepi gergaji, dan kepala besar yang tumpul dengan rahang kuat serta gigi tajam berbentuk segitiga.

Habitat piranha tersebar mulai dari Argentina utara hingga Kolombia. Namun, spesies piranha paling banyak ditemukan di Sungai Amazon.

Mangsa ikan piranha

Menurut Kristine Grzenda, kurator di Audubon Aquarium, New Orleans, banyak spesies piranha yang merupakan hewan omnivora. Misalnya, piranha perut merah (Pygocentrus nattereri) biasanya memakan ikan, krustasea, serangga, tumbuhan, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca juga: Mengapa Piranha Memiliki Gigi yang Sangat Tajam?

Sementara itu, spesies lain seperti tambaqui (Colossoma macropomum), kerabat dekat piranha, adalah hewan herbivora.

Grzenda mengatakan, meski ikan piranhan mampu memakan makanan dalam jumlah besar, makanan pokok mereka adalah makanan yang lebih kecil.

Piranha dapat ditemukan dalam kelompok yang terdiri dari kurang dari 10 hingga 100 ekor ikan. Kelompok ini berfungsi untuk perlindungan, bukan perburuan. Namun, seperti hewan lainnya, piranha mungkin menjadi lebih agresif jika persediaan makanannya sedikit.

Piranha memakan mangsa dengan cepat

Allison Waltz-Hill, aquarist senior New England Aquarium's Temperate Gallery, mengatakan bahwa seekor piranha dapat bergerak dan memakan mangsanya dengan cepat.

Waltz-Hill mencontohkan, di tempatnya bekerja, rata-rata piranha perut merah dewasa memiliki berat 541 gram. Ikan tersebut diberi makan sekitar 12 gram makanan, masing-masing dalam satu kali pemberian, yang bisa dihabiskannya dalam waktu 30 detik.

Baca juga: Ikan dari Sulawesi Ini Berubah Hitam Saat Marah

Jadi, jika ada seekor anjing seberat 22,7 kilogram, dan dikurangi 4,5 kg untuk memperhitungkan tulang dan bulu, maka dibutuhkan sekitar 267 ekor piranha dewasa untuk memangsanya dalam waktu sekitar 3 menit. Namun, hal ini bergantung pada banyak variabel, termasuk seberapa lapar piranha dan ukuran tubuhnya.

Piranha adalah pemakan oportunistik. Mereka cenderung memilih makanan yang lebih mudah didapat, seperti ikan kecil atau buah-buahan. Grzenda mencatat bahwa gigi tajam mereka juga berguna untuk memakan makanan keras seperti kerang.

Terlepas dari tampilannya, reputasi piranha, menurut Waltz-Hill, sering dibesar-besarkan. Ia menegaskan, piranha hanya akan menyerang hewan yang jauh lebih besar jika hewan tersebut terluka parah atau sudah mati. Saat tidak sedang mencari makan, piranha kebanyakan memangsa ikan lain dengan menggigit ikan yang lebih besar atau memakan ikan yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com