Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2024, 14:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Science, 11 Januari yang lalu mengungkap hal yang memprihatinkan.

Studi itu menemukan bahwa 80 juta hiu mati setiap tahunnya dan lebih dari 30 persen di antaranya merupakan merupakan spesies yang terancam.

Baca juga: Miris, Manusia Bunuh 80 Juta Hiu Setiap Tahun

Ini merupakan kekhawatiran besar karena hiu memiliki peran penting bagi lingkungan. Memang apa sih peran hiu? Berikut peran hiu dikutip dari beberapa sumber.

Menjaga kesehatan ekosistem

Shark Champions menyebut hiu sangat baik meningkatkan keanekaragaman hayati, dan seperti yang kita tahu, keanekaragaman hayati yang melimpah sangat penting bagi kesehatan ekosistem.

Hal tersebut dilakukan hiu dengan memakan spesies yang paling banyak jumlahnya, sehingga spesies lain mempunyai peluang untuk tumbuh dalam jumlah besar.

Menjaga keseimbangan jaring makanan

Secara tidak langsung hiu pun turut menjaga keseimbangan jaring makanan. Menurut Oceana, sebagai predator puncak, hiu berperan penting dalam ekosistem dengan menjaga spesies di bawahnya tetap berada dalam rantai makanan yang berfungsi sebagai indikator kesehatan laun.

Dengan menghilangkan hewan yang lemah dan sakit, hiu menjaga habitat padang lamun dan terumbu karang.

Hilangnya hiu dari ekosistem terumbu karang, ikan predator yang lebih besar seperti kerapu akan bertambah jumlahnya dan memangsa herbivora.

Saat jumlah herbivora berkurang, makroalga akan berkembang dan karang tidak dapat lagi bersaing, sehingga ekosistem menjadi didominasi oleh alga yang dapat mempengaruhi kelangsungan sistem terumbu.

Baca juga: Bagaimana Hiu Bertahan dari Dampak Asteroid yang Membunuh Dinosaurus?

Membantu memproduksi oksigen

Sementara menurut worldwildlife, hiu yang menyelam di kedalaman laut dan perairan dangkal membantu pertumbuhan fitoplankton atau tumbuhan laut mikroskopis.

Saat menyelam untuk mencari makan dan kembali ke permukaan, hiu akan buang air besar yang membawa kembali nutrisi penting.

Tanpa unsur-unsur penting tersebut, fitoplankton tidak dapat tumbuh.

Bagi yang belum tahu, fitoplankton menghasilkan setengan dari pasokan oksigen Bumi. Jadi, hiu yang berada di laut tentu saja membantu kita bernapas.

Menyokong kehidupan lain

Hiu yang mati karena sebab alamiah berkontribusi besar terhadap ekosistem laut.

Ilmuwan yang menganalisis rekaman video dari dasar laut lepas pantai Angola menemukan bahwa bangkai hiu paus di dasar lautan menyokong seluruh komunitas pemakan bangkai laut dalam.

Baca juga: Apakah Semua Hiu Hidup di Laut?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com