Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Yoga Bisa Memperbaiki Siklus Haid yang Tidak Teratur?

Kompas.com - 22/01/2024, 20:24 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan latihan yoga secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara yang tidak terduga.

Pada tingkat fisik, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan daya tahan.

Dan pada tingkat psikologis, yoga dapat membantu menumbuhkan kesadaran saat kita mengalihkan kesadaran ke sensasi, pikiran, dan emosi yang menyertai pose atau latihan tertentu.

Saat ini, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa latihan yoga secara teratur dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan sejumlah kondisi kesehatan kronis, termasuk asma, penyakit jantung, dan multiple sclerosis (MS).

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Menumbuhkan Rambut dengan Yoga

Latihan yoga untuk memperlancar haid

Yoga mungkin merupakan salah satu cara yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi.

Sebuah studi tahun 2013 terhadap 64 wanita mengamati efek berlatih yoga selama 12 minggu. 

Hasil studi menunjukkan, latihan yoga dapat meningkatkan fungsi fisik, nyeri tubuh berkurang, pembengkakan, nyeri payudara, dan kram lebih sedikit.

Kemudian, studi di tahun yang sama terhadap 126 peserta juga menemukan bahwa latihan yoga selama 35 sampai 40 menit setiap 5 hari seminggu selama 6 bulan dapat menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer.

Baca juga: Manfaat Yoga, Bisa Mengobati Sakit Punggung dan Arthritis

Dismenore primer adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode menstruasi.

Latihan yoga dapat dilakukan dengan mengikuti kelas yoga yang dipandu oleh profesional atau melakukannya di rumah dengan bantuan video untuk pemula.

Dengan demikian, latihan yoga merupakan metode manajemen stres yang efektif untuk membantu memperlancar haid.

Di samping itu, olahraga teratur dan pola makan yang sehat dapat membantu mengelola berat badan sehingga siklus menstruasi menjadi lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com