Kompas.com - 24/05/2021, 19:33 WIB
Ilustrasi yoga Dok. Pixabay/TheDigitalArtistIlustrasi yoga

KOMPAS.com - Konsep yoga berasal dari filosofi India. Yoga menggabungkan latihan dan postur fisik (asanas), teknik bernapas (pranayama), relaksasi, dan meditasi.

Yoga mulai digunakan digunakan sebagai intervensi teurapetik pada awal abad ke-20. Latihan fisik dalam yoga dipercaya mampu meningkatkan fleksibilitas, koordinasi, dan kekuatan pada pasien.

Sedangkan teknik pernapasan dan meditasi membantu pikiran untuk tetap tenang dan fokus sehingga bisa menyingkirkan kecemasan. Karena alasan inilah yoga dipercaya bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Yoga menawarkan banyak manfaat untuk orang dari segala usia, baik wanita maupun pria. Jika Anda memiliki penyakit kronis atau sedang dalam masa penyembuhan setelah operasi, yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi Anda.

Baca juga: Yoga Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, berikut manfaat yoga bagi kesehatan Anda.

Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas

Gerakan perlahan dengan teknik pernapasan dalam mampu meningkatkan aliran darah ke otot, sedangkan menahan pose yoga bisa meningkatkan kekuatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa mencoba tree pose yaitu berdiri dengan satu kaki, dengan satu kaki laiinya bertumpu pada kaki yang lain. Cobalah fokus ke satu titik di depan Anda dan seimbangkan abdan Anda selama satu menit.

Meredakan sakit punggung

Yoga merupakan peregangan yang baik untuk meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan sakit punggung bawah. The American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai perawatan untuk sakit punggung bawah kronis.

Untuk meredakan nyeri punggung, cobalah cat-cow pose. Pose ini bertumpu kepada telapak tangan, lutut, dan kaki. Saat menarik napas, biarkan perut Anda menurun ke arah lantai.

Ketika menghela napas, tarik perut Anda ke tulang belakang sehingga punggung membentuk kurva seperti kucing saat sedang peregangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X