Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Jus tomat banyak dikonsumsi sebagai minuman bergizi. Meski minuman ini bermanfaat bagi kesehatan dan merupakan pengganti yang sangat baik untuk minuman manis, konsumsinya dikaitkan dengan efek samping tertentu.

Namun, jus tomat tetap menjadi minuman yang menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Menurut penelitian, minum jus tomat setiap hari dapat membantu terhindar dari penyakit tertentu. Disarankan untuk mengonsumsinya dua hari sekali untuk membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Jus tomat memiliki tingkat keasaman yang kuat, dan terlalu banyak minum jus tomat mungkin dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan?

Manfaat jus tomat

Berikut adalah beberapa manfaat jus tomat untuk kesehatan.

1. Menangkal kerusakan akibat radikal bebas

Jus tomat merupakan sumber antioksidan kuat seperti likopen, yakni pigmen tanaman karotenoid yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan.

Likopen berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi peradangan di tubuh.

Studiselama 2 bulan pada 30 wanita menemukan bahwa kelompok yang minum 1,2 cangkir (280 ml) jus tomat setiap hari, yang mengandung 32,5 mg likopen, mengalami penurunan signifikan dalam kadar protein inflamasi, yang disebut adipokin, dalam darah.

Tak hanya itu, peserta studi juga mengalami peningkatan kadar likopen dalam darah yang signifikan dan penurunan kolesterol dan lingkar pinggang yang signifikan.

Baca juga: Antara Risiko dan Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati

Selain itu, penelitian selama 5 minggu pada 15 orang menunjukkan bahwa peserta yang minum 0,6 cangkir (150 ml) jus tomat per hari, setara dengan 15 mg likopen, telah secara signifikan mengurangi kadar 8-Oxo-2′-deoxyguanosine dalam serum (8 -oxodG) setelah melakukan latihan fisik ekstensif.

8-oxodG merupakan penanda kerusakan DNA akibat radikal bebas. Tingginya kadar penanda ini telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker payudara dan penyakit jantung.

Selain likopen, jus tomat juga merupakan sumber vitamin C dan beta-karoten yang sangat baik, dua antioksidan lain dengan sifat anti-inflamasi yang kuat

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dengan banyak konsumsi tomat dapat mengurangi risiko penyakit kronis tertentu.

3. Memperbaiki faktor risiko penyakit jantung

Tomat telah lama dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung karena mengandung antioksidan kuat, seperti likopen dan beta-karoten, yang membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri (aterosklerosis).

Baca juga: Apa Saja Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan?

Sebuah tinjauan yang melibatkan 584 orang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak tomat dan olahan tomat mengalami penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi sedikit tomat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com