Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Proses Menyiapkan Makanan untuk Astronot di Luar Angkasa?

Kompas.com - 24/12/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Saat menjalankan misi di luar Bumu, astronot membutuhkan makanan yang cukup dan tentunya bergizi untuk menjaga stamina dan kesehatan mereka.

Namun, mengonsumsi makanan di Bumi dan di luar angkasa tentu tidak sama. Dibutuhkan persiapan khusus dan cara yang kreatif untuk makan di luar angkasa.

Proses menyiapkan makanan untuk astronot

Makanan untuk astronot NASA disiapkan dan dikemas di Space Food Systems Laboratory di Johnson Space Center, Houston, Texas. 

Di sana, astronot memilih makanan yang mereka inginkan untuk misi mereka. 

Laboratorium membuat makanan yang bergizi, memastikan kesehatan dan stamina para kru, serta meneliti dan mengembangkan makanan untuk misi jangka panjang hingga lima tahun. 

Baca juga: Terbuat dari Apa Helm yang Dipakai Astronaut?

Makanan yang dibawa astronot ke International Space Station (ISS) mengalami proses pengawetan makanan yang disebut pengeringan beku. 

Langkah pertama dari proses pengeringan beku adaah pembekuan makanan yang sepenuhnya disiapkan pada suhu sekitar minus 4 derajat Celcius.

Selanjutnya, makanan dimasukkan ke dalam ruang vakum dan dipanaskan hingga kandungan air makanan menyublim atau berubah dari padat (es) menjadi gas (uap air). 

Uap air disedot keluar dari ruang vakum dan proses ini diulangi sebanyak yang diperlukan untuk menghilangkan hampir semua kandungan air makanan. 

Proses ini membunuh beberapa bakteri dan menghentikan bakteri berkembang biak agar tidak merusak makanan.

Baca juga: Mengapa Astronaut Tidak Bisa Mendarat di Saturnus?

Fungsi lain dari pengeringan beku adalah mengurangi berat makanan secara drastis, yang berarti muatan lebih ringan.

Proses umum lainnya yang memastikan makanan ruang angkasa bertahan lama adalah termostabilisasi dan iradiasi.

Termostabilisasi adalah proses memaparkan kaleng atau kantong pada panas dan tekanan tinggi, sedangkan iradiasi memaparkan makanan dan kemasan pada radiasi pengion. 

Kedua proses tersebut menghilangkan bakteri yang dapat merusak makanan. 

Selain makanan yang dibekukan, para astronot juga dapat makan makanan dalam bentuk alami mereka seperti kacang, granola batangan, permen, kue kering, dan lainnya, yang dikemas ulang di Laboratorium Sistem Pangan Luar Angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com