Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Guna Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kompas.com - 10/12/2023, 12:34 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Apakah saya akan membutuhkan matematika selain untuk sekolah atau bekerja? - Hadassah G., usia 9 tahun, New Jersey

Oleh: Hortensia Soto

MUNGKIN mudah untuk berpikir bahwa kamu membutuhkan matematika hanya untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) aljabar atau geometri atau jika kamu memiliki pekerjaan sebagai insinyur.

Namun, pada kenyataannya, matematika muncul di mana-mana - bahkan dalam gelembung sabun di tempat cuci piring di dapur.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Cara Meningkatkan Kemampuan Anak di Bidang Matematika

Saat mencuci piring ketika saya berusia 13 tahun, saya memperhatikan bahwa gelembung-gelembung sabun membentuk poligon 3D yang kecil, berdempetan seperti sarang lebah, tapi tidak semua berbentuk bulat sempurna.

Mengapa beberapa gelembung terlihat seperti segi enam? Mengapa ada yang berbentuk seperti kotak yang penuh dengan udara? Mengapa saya tidak melihat gelembung berbentuk bintang, atau gelembung dengan paku?

Ketika saya tahu bahwa matematika dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, saya pikir itu sangat keren!

Sekarang, sebagai seorang profesor matematika yang mempelajari bagaimana orang belajar matematika melalui permainan, saya mengerti mengapa gelembung memang secara alamiah malas.

Saya bahkan mempelajari matematika di balik alasan mengapa saya hanya melihat beberapa bentuk dalam air pencuci piring bersabun.

Selain membantu menjelaskan perilaku gelembung dan keingintahuan alam lainnya, matematika kemungkinan besar merupakan bagian dari banyak kegiatan kita sehari-hari, bersama dengan teknologi yang kita sukai, dan bahkan cara kerja otak kita.

Matematika bukan hanya tentang menghitung, menghafal, memecahkan persamaan, atau mengerjakan soal-soal teka-teki. Ini benar-benar tentang pemecahan masalah yang kreatif dan berpikir logis dengan orang lain.

Baca juga: Mengenal Diskalkulia, Gangguan Memahami Matematika

Matematika dalam kehidupan sehari-hari

Banyak topik yang kamu pelajari di sekolah dasar - seperti pecahan, persentase, dan pengukuran - berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, jika kamu ingin membangun pagar di sekeliling rumah, mengecat dinding dengan warna atau desain baru, atau menjahit pakaian atau selimut baru, semua kegiatan tersebut membutuhkan pengetahuan tentang pengukuran dan penskalaan.

Proyek konstruksi yang lebih rumit, seperti membangun rumah pohon, membutuhkan banyak keterampilan pemecahan masalah matematika.

Setelah menyusun rencana untuk salah satu proyek ini, kamu perlu membeli semua bahan. Persentase - yang merupakan jenis pecahan khusus - sangat penting untuk dipahami saat mengelola uang.

Memahami persentase dapat membantumu dalam membuat anggaran dan membuatmu menjadi lebih kaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com