Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Vitamin B12 Penting untuk Kesehatan Mental?

Kompas.com - 07/12/2023, 06:32 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesehatan manusia tidak hanya dinilai sebatas fisik, tetapi juga mental. Kesehatan mental harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh setiap orang, termasuk melalui asupan gizi.

Kecukupan gizi seseorang ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya.

Baca juga: 7 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dalam Jumlah Tinggi

Salah satu zat gizi yang terkenal berperan dalam hal ini adalah vitamin B12. Mengapa demikian?

Kekurangan vitamin B12 berdampak pada kesehatan mental

Dilansir dari Healthline, Senin (6/11/2023), vitamin B12 berfungsi dalam mempertahankan kemampuan manusia untuk berpikir, meregulasi dan membuat DNA, menghasilkan energi, dan menjaga kesehatan sistem saraf dan otak.

Ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin B12, gejala-gejala kesehatan yang cenderung terjadi di antaranya berkaitan dengan kondisi mental, yakni kebingungan, depresi, mudah marah, ataupun sakit kepala.

Sementara itu, gejala fisik lainnya yang dapat terjadi adalah kelelahan, kesulitan berjalan, gangguan pada indra penciuman, penglihatan, atau perasa (lidah), kesemutan, hingga penurunan berat badan, dan jantung yang berdebar.

Hal yang sama juga dilaporkan oleh Prerna Sangle dalam jurnal Cureus pada tahun 2020. Sangle meninjau 30 sampai 40 studi terkait hubungan defisiensi vitamin B12 dengan depresi, dan mendapatkan hasil bahwa kekurangan vitamin B12 dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Fungsi vitamin B12 dalam sistem saraf

Azzini dalam International Journal of Molecular Science pada tahun 2021 menjelaskan bahwa vitamin B12 dapat berkaitan dengan kesehatan sistem saraf dan otak manusia karena vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam sintesis atau pembuatan DNA dalam tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan Menurut Sains

Vitamin B12 berfungsi sebagai kofaktor atau bagian pengaktif enzim dalam sintesis DNA. Hal ini menyebabkan vitamin B12 ikut berperan dalam pembentukan zat pelapis serat saraf yang disebut mielin. Mielin menjaga serat saraf supaya dapat bekerja dengan optimal.

Maka dari itu, vitamin B12 penting bagi kesehatan mental manusia sehubungan fungsinya dalam menjaga sistem saraf dan otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com