Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Bayi Lumba-lumba Menyusu di Dalam Air?

Kompas.com - 06/12/2023, 14:41 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Semua mamalia, baik mamalia darat maupun mamalia air, menyusu dari induknya setelah lahir selama beberapa waktu.

Namun, bagaimana cara bayi mamalia laut seperti lumba-lumba menyusu pada induknya sambil berenang di dalam air?

Lidah lumba-lumba yang unik

Lumba-lumba menyusu dari induknya dengan cara menggulung lidahnya seperti sedotan.

Mereka bahkan memiliki tonjolan seperti jari kelingking di sisi lidah, yang berfungsi seperti ritsleting. Ini menjaga air susu tetap berada di mulut anak lumba-lumba, dan pada saat yang sama mencegah keluarnya air garam.

Baca juga: Apakah Lumba-lumba Termasuk Ikan?

Hal lain yang membuat lumba-lumba lebih mudah minum di bawah air adalah susu lumba-lumba sangat kental, tidak cair seperti susu pada umumnya.

Anak lumba-lumba mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan selama menyusui, yang hanya memakan waktu total lima-sepuluh detik. Mereka akan “makan” beberapa kali sepanjang hari.

Tahap ini berlanjut selama satu hingga tiga tahun pertama kehidupan lumba-lumba. Akhirnya, anak lumba-lumba akan mulai bermain-main dengan ikan, dan kemudian mulai memakannya secara teratur sebagai mangsa utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com