Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Udang Bisa Jadi Bahan Plastik Ramah Lingkungan

Kompas.com - 03/12/2023, 06:34 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Plastik saat ini dapat ditemukan hampir di seluruh sektor kehidupan karena sifatnya yang tahan air, mudah dibentuk, dan awet.

Sayangnya, plastik konvensional sulit terurai karena dibentuk dari zat kimia sintetis.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Plastik Lebih Kuat, Elastis, dan Ramah Lingkungan

Plastik membutuhkan ratusan tahun untuk terurai secara alami. Hal ini membuat manusia mengembangkan teknologi untuk membuat plastik yang lebih ramah lingkungan.

Plastik dari cangkang udang

Salah satu terobosan plastik ramah lingkungan adalah plastik biodegradable atau bisa terurai secara hayati yang terbuat dari biomassa. Biomassa adalah bahan dari makhluk hidup yang sudah mati, misalnya cangkang dan kerangka udang.

Dilansir dari VOA News, Rabu (7/5/2023), cangkang udang bisa digunakan sebagai plastik alternatif karena sebuah zat bernama kitosan.

Kitosan adalah turunan dari polisakarida alami dalam cangkang udang bernama kitin.

Perbedaan kitosan dengan kitin adalah kitosan bersifat lebih resilien. Sementara itu, polisakarida merupakan karbohidrat atau serat alami yang dapat digunakan untuk membuat plastik.

Sebuah riset dalam jurnal Environmental Science and Pollution Research (2023) menjelaskan bahwa kitosan diperoleh dari cangkang dan kerangka udang melalui beberapa proses.

Tahap pertama, cangkang dan kerangka udang didemineralisasi dan dideproteinasi sehingga dihasilkan kitin.

Demineralisasi merupakan proses penghilangan mineral-mineral dari cangkang dan kerangka udang, sedangkan deproteinasi bertujuan untuk menghilangkan protein-protein yang tidak digunakan dari cangkang dan kerangka udang.

Baca juga: Kabar Baik, Bahan Pengganti BPA pada Plastik Telah Ditemukan

Setelah kitin didapatkan, tahap berikutnya adalah deasetilasi. Proses ini bertujuan untuk mengubah kitin menjadi kitosan dengan menghilangkan beberapa atom karbon, hidrogen dan oksigen tertentu.

Dikutip dari buku Sustainable Agriculture Reviews 36 (2019), ada beberapa metode untuk membentuk plastik dari kitosan.

Salah satu metode yang umum digunakan adalah mereaksikan kitosan dengan pelarut tertentu seperti asam organik. Lalu, larutan kitosan dengan asam organik dituang ke dalam cawan petri atau wadah lainnya dan dikeringkan.

Pelarut dibiarkan menguap dan kitosan yang mengering akan membentuk lembaran plastik.

Manfaat plastik kitosan

Banyaknya sumber kitosan berupa cangkang dan kerangka udang ataupun hewan laut lainnya membuat plastik dari kitosan menjadi material terbarukan dan terjangkau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com