Bukan Hewan Asli, Kenapa Ada Mumi Babun di Mesir?

Kompas.com - 11/11/2023, 14:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Temuan mumi babun di Mesir telah membingungkan para peneliti.

Bagaimana tidak, primata ini bukan hewan asli Mesir, tidak ada bukti juga yang menunjukkan bahwa hewan tersebut pernah menghuni wilayah itu di masa lalu.

Baca juga: Kitab Orang Mati Mesir Kuno Ditemukan Bersama Mumi Berusia 3500 Tahun

Selain itu juga mahluk ini tidak dikuburkan bersama bangsawan atau ditemukan di katakombe kelompok, sehingga menimbulkan pertanyaan selama beberapa dekade tentang bagaimana mereka bisa sampai di Mesir dan apa alasannya.

Mumi babun di Mesir

Mengutip Independent, Selasa (7/11/2023) sering ada spekulasi bahwa mumi babun kemungkinan besar digunakan sebagai persembahan nazar oleh masyarakat.

Primata dianggap mewakili Thoth, dewa pembelajaran dan kebijaksanaan, di antara berbagai dewa yang digambarkan sebagai binatang di Mesir kuno.

Studi baru yang dipublikasikan di jurnal eLife ini juga mengungkap babun kemungkinan besar diimpor dari daerah yang jauh dan dipelihara di Mesir kuno sebelum mereka dimumikan.

Untuk mengetahui darimana babun itu berasal peneliti menganalisis genom mitokondria mumi.

Salah satu mumi yang dianalisis dalam penelitian baru ini digali pada tahun 1905 di “Lembah Monyet”.

Para arkeolog memperkirakan spesimen mumi babon tersebut berasal antara tahun 800 dan 500 SM pada Periode Akhir Mesir kuno.

Peneliti kemudian membandingkan genom tersebut dengan genom di benua Afrika, yang keragaman genetiknya telah dipelajari dengan baik.