Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak pendapat berbeda mengenai jumlah hewan di Bumi, terutama jika yang dimaksud dengan “hewan” ini mencakup ikan, serangga, burung, dan sebagainya.

Meskipun dapat diketahui jumlah hewan yang ada di Bumi, kita sebenarnya tidak benar-benar tahu karena beberapa spesies hewan bahkan belum ditemukan.

Pada tahun 2011, Camilo Mora, ahli biogeografi di Universitas Hawaii, dan rekan-rekannya menulis makalah di PLOS Biology yang memperkirakan jumlah total spesies eukariotik (hewan, tumbuhan, jamur, dan protista) di Bumi.

Jumlah terakhir yang mereka perkirakan adalah sekitar 8,7 juta, dan sekitar 7,7 juta di antaranya adalah hewan.

Dari jumlah tersebut, terdapat 62.000 spesies hewan yang memiliki tulang belakang (dikenal juga dengan sebutan vertebrata), yang telah teridentifikasi, baik yang pernah ada maupun yang masih ada hingga saat ini.

Baca juga: Hewan Apa Saja yang Bisa Mengenali Dirinya di Depan Cermin?

Kemudian, kelompok terbesar, yakni sebesar 2,16 juta spesies yang ada di Bumi adalah invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Jumlah yang pernah hidup di Bumi

Jumlah hewan yang pernah hidup di Bumi mungkin sangat besar. Planet ini adalah rumah bagi 8 miliar manusia, 130 miliar mamalia lain, hingga 428 miliar burung, 3,5 triliun ikan, dan sekitar 10 triliun serangga.

Jika berasumsi bahwa kelimpahan saat ini relatif stabil sepanjang sejarah kehidupan, maka dapat dilakukan ekstrapolasi menggunakan proporsi relatif dari jumlah spesies yang ada.

Adapun ekstrapolasi merupakan perluasan data di luar data yang tersedia, tetapi tetap mengikuti pola kecenderungan data yang tersedia tersebut.

Baca juga: Seperti Manusia, 5 Hewan Ini Juga Bisa Berduka Saat Kehilangan

Misalnya, jika saat ini terdapat 3,85 juta spesies serangga di Bumi, maka itu setara dengan 385 juta spesies di masa lalu, dan 385 juta dikalikan 10 triliun adalah 3,85 x 10^27 serangga.

Karena serangga ada di mana-mana, jumlah perkiraan tersebut mungkin tidak terlalu jauh dari jumlah totalnya.

Selain itu, kita dapat (dengan sangat kasar) memperkirakan bahwa, termasuk artropoda, invertebrata, dan vertebrata lainnya, terdapat sekitar 4,5 x 10^27 hewan yang pernah ada di Bumi.

Mengapa jumlah hewan di Bumi perlu dihitung? Sederhananya, penting bagi para ilmuwan untuk memahami dasar keanekaragaman hayati Bumi dan bagaimana fluktuasinya.

Sebagai akibat dari perubahan iklim, penggundulan hutan, polusi, dan faktor-faktor lainnya, makhluk di Bumi sedang menuju kepunahan massal, dan kita perlu mengetahui latar belakang tingkat kepunahan untuk memahami cakupan krisis yang dihadapi saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com