Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Manusia, 5 Hewan Ini Juga Bisa Berduka Saat Kehilangan

Kompas.com - 02/11/2023, 06:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia bukanlah satu-satunya spesies yang berduka karena kehilangan orang yang mereka cintai.

Beberapa hewan ternyata juga berduka dan memahami kematian.

Baca juga: Inilah yang Terjadi di Otak Ketika Anda Sedang Bersedih

Pengamatan mengenai hewan yang berduka sendiri telah dilakukan sejak dulu. Namun hingga kini, masih terjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan meski hewan memperlihatkan tanda-tanda khas hewan berduka.

Tanda-tanda khas hewan berduka yang dimaksud antara lain kehilangan selera makan, sulit tidur, menarik diri dari kawanannya, dan perubahan perilaku.

Lantas hewan-hewan apa saja yang juga berduka, berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari A-Z Animals.

1. Gajah

Gajah adalah spesies hewan paling terkenal yang berduka saat ada salah satu kawanannya yang mati.

Mereka sering mengunjungi bangkainya dan terus kembali bahkan ketika tubuhnya sudah membusuk dan hanya tersisa tulang-tulang saja.

Para peneliti percaya ini adalah cara mereka berduka karena mereka tidak tertarik pada bangkai hewan besar lainnya seperti badak atau kerbau.

Selain mengunjungi bangkai gajah, mereka juga menyelidiki sisa-sisa bangkai itu dengan belalai dan indra penciumannya yang tajam.

Hewan cerdas dengan struktur sosial yang kompleks dan ingatan jangka panjang, seperti gajah, menyadari bahwa kematian bersifat permanen dan karena itu mereka berduka.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Bersedih? Sains Jelaskan

2. Jerapah

Meski tidak berduka seperti gajah, jerapah memahami kematian dan menunjukkan ketertarikan pada tubuh mereka yang sudah mati.

Misalnya saja di Kenya, seorang peneliti menyaksikan seekor induk jerapah tinggal bersama anaknya yang mati selama beberapa hari sebelum akhirnya putus asa dan melanjutkan hidup.

Betina lain juga bergabung dengan induk jerapah tersebut dan mereka semua berduka dengan melingkarkan leher mereka satu sama lain, mirip dengan pelukan. Mereka sama-sama membutuhkan kenyamanan dan sentuhan, sama seperti manusia.

Ilustrasi orca atau paus pembunuh (Orca Whale) di laut bebas. SHUTTERSTOCK/slowmotiongli Ilustrasi orca atau paus pembunuh (Orca Whale) di laut bebas.

3. Orca

Orca adalah spesies lain yang berduka atas kematian salah satu dari mereka. Banyak penampakan induk paus pembunuh yang 'menggendong' anaknya selama beberapa hari setelah kematiannya.

Namun pengamatan yang paling memilukan adalah ketika seekor orca bernama Tahlequah yang membawa bayinya selama 17 hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com