Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang menyukai makanan pedas. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki toleransi yang tinggi terhadap kepedasan.

Namun, tahukah Anda ada beberapa jenis cabai dengan tingkat kepedasan yang tidak biasa? Cabai-cabai ini pun dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia.

Daftar cabai terpedas di dunia

Kepedasan suatu bahan makanan diukur dalam skala Scoville dan dicatat sebagai Scoville Heat Unit (SHU).

Metrik ini dibuat pada tahun 1912 oleh apoteker asal Amerika, Wilbur Scoville. SHU mewakili konsentrasi senyawa kimia yang disebut capsaicin, yang bertanggung jawab atas sensasi pedas atau panas pada paprika.

Baca juga: Apakah Manfaat Rasa Pedas pada Cabai?

Meskipun jumlah capsaicin sebelumnya dinilai oleh panel penguji rasa, laboratorium kini menggunakan proses yang disebut kromatografi cair kinerja tinggi (HPLC) untuk mendapatkan hasil yang lebih objektif.

Berikut adalah beberapa cabai terpedas di dunia berdasarkan skala Scoville.

1. Cabai Carolina Reaper: 1.641.183 SHU

Carolina Reaper adalah cabai terpedas di dunia dengan nilai rata-rata SHU sebesar 1.641.183.

Dikonfirmasi oleh Guinness World Records pada tahun 2017, berdasarkan pengujian di Winthrop University, South Carolina, rekor resmi cabai terpedas di dunia masih menjadi milik Carolina Reaper hingga saat ini.

Cabai ini dibudidayakan dan ditanam oleh petani cabai Ed Currie di Amerika. Carolina Reaper sangat pedas sehingga ketika para pekerja menaburkannya, mereka mengenakan dua lapis sarung tangan karena minyak dalam cabai yang bisa "memakan" lateks.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Cabai Langka yang Ditemukan di Amerika?

2. Cabai Trinidad Scorpion Butch T: 1.463.700 SHU

Cabai terpedas kedua di dunia adalah Trinidad Scorpion Butch T. Cabai ini sempat menempati posisi pertama pada bulan Maret 2011, sebelum akhirnya kalah dari Carolina Reaper.

Dibudidayakan di Australia, rahasia rasa pedasnya yang kuat mungkin adalah “limpasan cairan dari peternakan cacing”.

Pupuk yang disebut "jus cacing" mengandung nutrisi, hormon pertumbuhan tanaman, dan promotor serta kitin dari serangga mati yang memicu sistem pertahanan alami tanaman.

3. Cabai Naga Viper: 1.382.118 SHU

Naga Viper yang ditanam di Inggris pernah menjadi cabai terpedas di dunia pada tahun 2011. Cabai ini memiliki nilai rata-rata SHU sebesar 1.382.118.

Baca juga: Apa yang Membuat Cabai Jadi Pedas?

4. Cabai Trinidad Moruga Scorpion: 1.207.764 SHU

Tumbuh di Trinidad dan Tobago, cabai Trinidad Moruga Scorpion memiliki peringkat SHU rata-rata 1,2 juta.

Rasa cabai ini sangat pedas sehingga rasa terbakar di seluruh mulut dan tenggorokan disebut berlangsung setidaknya selama 8 menit.

5. Cabai Infinity: 1.176.182 SHU

Cabai Infinity dibudidayakan di Grantham, Lincolnshire, Inggris, dan dilaporkan memiliki SHU rata-rata 1.176.182.

Sebuah restoran tempat kelahiran cabai Infinity memasukkan 20 cabai ini ke dalam menu 'The Widower', yang diiklankan sebagai kari terpedas di dunia.

Pada tahun 2016, lebih dari 300 orang telah mencoba memakan kari tersebut dan hanya satu orang yang berhasil, meskipun ia pun mulai berhalusinasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com