Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Perkirakan 33.000 Meteoroid Menabrak Bulan Setiap Tahun

Kompas.com - 27/09/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ketika NASA mengirim manusia ke bulan pada tahun 1969, salah satu dari banyak bahaya yang harus diantisipasi adalah batuan luar angkasa yang bisa menembus pakaian atau peralatan antariksa astronot.

Berbeda dengan Bumi yang memiliki atmosfer pelindung sehingga bisa menghancurkan meteoroid, bulan lebih rentan terhadap batuan atau bahkan bintik apa pun yang beterbangan di angkasa.

Jika demikian, berapa banyak benda yang menabrak bulan setiap hari?

Puluhan ribu meteoroid menabrak bulan

Menurut Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Meteoroid NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA, Alabama, jumlah batuan luar angkasa yang menabrak bulan bergantung pada ukuran benda tersebut.

Baca juga: Seperti Apa Kawah Bulan yang Tidak Pernah Disinari Matahari?

Untuk benda yang berukuran kurang dari satu milimeter, jumlahnya tidak dapat dihitung secara pasti, namun Cooke memperkirakan, sebanyak 11 ton hingga 1.100 ton debu bertabrakan dengan bulan setiap hari.

Untuk batuan yang lebih besar, perkiraannya lebih jelas. Cooke mengatakan, ada sekitar 100 meteoroid seukuran bola pingpong yang menghantam bulan setiap hari. Ini berarti, sekitar 33.000 meteoroid menabrak bulan per tahun.

Meskipun ukurannya kecil, masing-masing batu sebesar bola pingpong ini menghantam permukaan bulan dengan kekuatan dinamit seberat 3,2 kg.

Meteoroid yang lebih besar juga terkadang menghantam bulan. Cooke memperkirakan bahwa meteoroid yang lebih besar, seperti meteoroid yang berdiameter 2,5 meter, menghantam bulan setiap empat tahun sekali.

Baca juga: Mengapa Kutub Selatan Bulan Diincar Berbagai Misi Luar Angkasa?

Benda-benda tersebut menghantam bulan dengan kekuatan 1.000 ton TNT. Dengan demikian, tak heran jika bulan yang berusia sekitar 4,5 miliar tahun memiliki permukaan yang dipenuhi berbagai macam kawah akibat benturan tersebut.

Para ilmuwan mempelajari dampak hantaman batuan luar angkasa terhadap bulan dengan beberapa cara berbeda.

Dari permukaan Bumi, para ilmuwan mengarahkan teleskop ke bulan untuk mengamati dampaknya. Meteoroid dapat menghantam permukaan dengan kecepatan 20 hingga 72 km per detik. Dampaknya adalah munculnya kilatan cahaya yang dapat diamati dari Bumi.

Para ilmuwan juga dapat menggunakan pesawat ruang angkasa yang mengorbit bulan, seperti Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA, untuk mengamati kawah yang ditinggalkan akibat tumbukan.

Karena meteoroid bergerak sangat cepat, bahkan meteoroid seberat 5 kg dapat meninggalkan kawah selebar 9 m dan melemparkan 75.000 kg tanah dan batuan bulan dari permukaan bulan, LRO dapat dengan mudah melihat kawah-kawah ini setelah terbentuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com