Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Berjalan Keliling Bulan?

Kompas.com - 31/08/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dari sudut pandang manusia di Bumi, bulan tampak kecil karena jaraknya yang sangat jauh.

Namun, jika astronaut menggunakan pesawat luar angkasa, mengenakan pakaian antariksa, dan melakukan perjalanan ke bulan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berjalan mengelilinginya?

Waktu yang dibutuhkan untuk berjalan mengelilingi bulan tentu tidak pasti karena bergantung pada berbagai faktor, termasuk seberapa cepat kita dapat melaju, berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap hari untuk berjalan, dan rute yang diambil untuk menghindari topografi yang berbahaya.

Dilansir dari Live Science, perjalanan mengelilingi bulan bisa memakan waktu lebih dari satu tahun, namun kenyataannya, ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Galaksi Terdekat?

Sebanyak 12 astronaut telah menginjakkan kaki di permukaan bulan, semuanya merupakan bagian dari misi Apollo antara tahun 1969 dan 1972.

Rekaman yang dikirimkan kembali ke Bumi menunjukkan betapa menantangnya berjalan, atau lebih tepatnya memantul, di dalam gravitasi bulan yang rendah, yakni seperenam gravitasi Bumi.

Namun, penelitian dari NASA menunjukkan bahwa manusia mungkin bisa bermanuver lebih cepat di bulan dibandingkan yang dilakukan astronaut Apollo. Secara teoritis, berjalan mengelilingi bulan bisa dilakukan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Meningkatkan kecepatan untuk berjalan di bulan

Menurut NASA, selama misi Apollo, astronaut berjalan atau memantul di permukaan dengan kecepatan 2,2 km/jam.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Uranus?

Kecepatan yang lambat ini terutama disebabkan oleh pakaian antariksa yang kaku dan bertekanan yang tidak dirancang dengan mempertimbangkan mobilitas.

Jika para astronaut mengenakan pakaian yang lebih ramping, mereka mungkin akan lebih mudah bergerak dan, sebagai hasilnya, menambah kecepatan.

Pada tahun 2014, sebuah penelitian NASA yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology menguji seberapa cepat manusia dapat berjalan dan berlari dalam simulasi gravitasi bulan.

Untuk melakukan hal ini, tim meminta delapan peserta (tiga di antaranya adalah astronaut) untuk menggunakan treadmill di dalam pesawat DC-9, yang menerbangkan lintasan parabola khusus di Bumi untuk mensimulasikan gravitasi di bulan hingga 20 detik setiap kalinya.

Eksperimen ini mengungkapkan bahwa para peserta mampu berjalan hingga 5 km/jam. Kecepatan berjalan ini tidak hanya lebih cepat dua kali lipat dari kecepatan berjalan yang dilakukan para astronaut Apollo, tetapi juga cukup dekat dengan kecepatan berjalan maksimum rata-rata di Bumi, yaitu 7,2 km/jam.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Saturnus?

Para peserta dapat melakukan kecepatan tinggi karena mereka bisa dengan bebas mengayunkan lengannya, mirip dengan cara manusia berlari di Bumi.

Gerakan pendulum ini menciptakan gaya ke bawah, yang sebagian mengimbangi kurangnya gravitasi. Salah satu alasan mengapa astronot Apollo begitu lambat di permukaan bulan adalah karena mereka tidak dapat bergerak dengan baik karena pakaian yang tebal.

Pada kecepatan maksimum hipotetis baru ini, dibutuhkan waktu sekitar 91 hari untuk berjalan mengelilingi bulan sepanjang 10.921 km.

Sebagai konteksnya, diperlukan waktu sekitar 334 hari untuk berjalan tanpa henti (tidak berhenti untuk tidur atau makan) mengelilingi keliling Bumi sepanjang 40.075 km dengan kecepatan ini, meskipun hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena adanya lautan.

Meski demikian, tidak mungkin ada yang bisa berjalan tanpa henti selama 91 hari untuk mengelilingi bulan, jadi perjalanan sebenarnya akan memakan waktu lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com