Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Rahasia Cheetah yang Membuatnya Bisa Berlari Sangat Cepat?

Kompas.com - 23/09/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bukan rahasia umum, kalau cheetah menyandang gelar hewan tercepat di dunia. Saat mengejar mangsanya, cheetah (Acinonyx jubatus) dapat berlari hingga 120 km/jam.

Akan tetapi, pernahkah terpikir, apa rahasia cheetah bisa memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat tersebut?

Ahli biologi cheetah dari Smithsonian, Adrienne Crosier mengatakan rahasia kecepatan cheetah ada pada tubuhnya yang memang dirancang membantunya berlari dengan cepat.

Rahasia cheetah bisa berlari cepat

Lantas, bagian tubuh apa yang membantu cheetah bisa berlari begitu cepat, berikut penjelasannya seperti dikutip dari A-Z Animals, Jumat (22/9/2023).

  • Otot cheetah

Rahasia kecepatan cheetah saat berlari adalah otot yang dimilikinya. Sebab, sekitar setengah massa tubuh cheetah adalah otot. Lebih banyak otot berarti lebih banyak tenaga dan lebih sedikit hambatan saat cheetah berlari.

Pada kaki belakang cheetah, lebih dari 80 persen otot di bagian atas terdiri dari serat otot yang bergerak cepat.

Baca juga: Apa Rahasia Dinosaurus Berevolusi Menjadi Hewan Raksasa?

Serat otot ini berkontraksi lebih cepat dibandingkan serat otot lain di tubuh, sehingga ini lah rahasia di balik kecepatan luar biasa pada cheetah saat ia berlari.

Lalu, predator ini juga memiliki otot psoas yang sangat besar. Otot ini memanjangkan pinggul dan menariknya kembali dengan sangat cepat.

Saat cheetah mendorong dengan kaki belakangnya, otot psoas yang lebih besar memberi kekuatan lebih besar pada setiap lompatan.

  • Kaki dan cakar

Selain otot, rahasia di balik kecepatan cheetah yang mengagumkan ini ada pada kakinya. Pada kaki cheetah, kukunya tetap memanjang. Mereka tidak pernah menarik kembali seperti kebanyakan kucing lainnya.

Cakarnya yang memanjang berperilaku seperti gerigi ketika cheetah berlari.

Jika melihat seekor cheetah bergerak, predator ini tidak bergerak dalam garis lurus ketika mangsa mencoba melarikan diri, ia mungkin melakukan zig-zag.

Cheetah yang sedang mengejar dengan berlari sangat rendah, hampir menyentuh tanah saat berbelok. Seekor cheetah dapat berputar dengan cepat karena cakar pada kakinya memberikan daya tarik dan stabilitas.

Baca juga: Apa Rahasia Ironclad, Si Kumbang Super yang Tak Mati Terlindas Mobil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com