Kompas.com - 17/09/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa hal, Planet Venus sangat bertolak belakang dengan Bumi. Beberapa perbedaan itu di antaranya adalah Venus berputar mundur dan memiliki hari yang lebih panjang dibandingkan tahunnya.

Dulunya, Venus mungkin memiliki lautan yang bisa dihuni, seperti Bumi, tapi itu terjadi setidaknya satu miliar tahun yang lalu.

Efek rumah kaca yang tak terkendali mengubah seluruh air di permukaan Venus menjadi uap, yang kemudian bocor secara perlahan ke luar angkasa.

Jadi, jika ditanya apakah permukaan Venus kemungkinan besar dapat menampung kehidupan saat ini, para ahli dapat menjawab singkat dan tegas, “tidak”.

Baca juga: Mengapa Satu Hari di Venus Lebih Lama dari Satu Tahun?

Potensi kehidupan di Venus

Dilansir dari Solar System Exploration NASA, pada ketinggian sekitar 50 km, suhu di Venus berkisar antara 30 hingga 70 derajat Celcius. Pada kisaran suhu tersebut, bahkan pada suhu paling tinggi sekalipun, dapat mengakomodasi kehidupan di Bumi, seperti mikroba “ekstremofil”.

Tekanan atmosfer pada ketinggian tersebut serupa dengan yang ada di permukaan Bumi. Di puncak awan Venus, yang berputar mengelilingi planet ini karena kecepatan angin yang mencapai 360 km per jam, dapat ditemukan menemukan transformasi lain.

Transformasi tersebut berupa garis-garis gelap yang persisten. Para ilmuwan sejauh ini tidak dapat menjelaskan mengapa garis-garis ini tetap utuh, bahkan di tengah angin topan.

Garis-garis itu juga memiliki kebiasaan aneh dalam menyerap radiasi ultraviolet. Penjelasan yang paling mungkin berfokus pada partikel halus, kristal es, atau bahkan senyawa kimia yang disebut besi klorida.