Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Venus Terlihat Sangat Terang dari Bumi?

Kompas.com - 11/06/2023, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber EarthSky

KOMPAS.com - Jupiter adalah planet yang terang. Mars juga terkadang tampak terang. Tetapi, baik Jupiter maupun Mars, Planet yang paling terang di langit adalah Venus.

Planet Venus adalah objek paling terang ke-3 di langit, setelah matahari dan bulan. Saat ini, Venus bersinar di langit malam dengan magnitudo -4,1.

Jarak antara Venus dengan Bumi dekat dalam orbit mengelilingi matahari. Namun, kedekatan antara Venus dan Buni bukan satu-satunya alasan Venus terlihat terang di langit malam.

Reflektivitas Venus yang membuatnya tampak cerah

Dilansir dari EarthSky, albedo Planet Venus mendekati 0,7. Artinya, Venus memantulkan sekitar 70% sinar matahari yang menerpanya. Albedo adalah konstanta pemantulan sinar matahari oleh suatu permukaan. Semakin tinggi albedo, semakin banyak cahaya yang dipantulkan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Planet Venus, Suhunya Bisa Capai 471 C

Saat bulan mendekati fase purnama di langit Bumi, bulan bisa terlihat jauh lebih terang dari Venus, tetapi bulan hanya memantulkan sekitar 10% dari cahaya yang menyinarinya. 

Bulan tampak terang dari Bumi hanya karena jaraknya yang dekat dengan Bumi. Jarak Bulan hanya sekitar satu detik cahaya, berbeda dengan beberapa menit cahaya untuk Venus.

Meski demikian, Venus bukanlah objek yang paling memantulkan cahaya di tata surya. Masih ada Enceladus, bulan Saturnus, yang permukaan esnya memantulkan sekitar 90% sinar matahari yang menerpanya.

Baca juga: Apakah Gunung Berapi di Planet Venus Bisa Alami Erupsi?

Kapan Venus paling terang di tahun 2023?

Di tahun ini, Venus akan menjadi objek paling terang di langit malam pada 7 Juli 2023, saat mencapai -4,7 magnitudo. 

Selain itu, Venus akan menjadi objek paling terang lagi di langit pagi pada tanggal 19 September 2023, saat bersinar dengan magnitudo -4,8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com