Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaksi 'Hantu' Tertutup Kabut Ditangkap Teleskop Hubble

Kompas.com - 15/08/2023, 15:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber NASA


KOMPAS.com - Sebuah galaksi yang tampak kabur tertutup kabut ditangkap Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Galaksi ini berada di antara galaksi elips dan spiral, yang membuatnya tampak kabur seperti hantu, dilansir dari situs resmi NASA's Goddard Space Flight Center, Selasa (15/8/2023).

Galaksi ini adalah galaksi lentikular NGC 6684. Galaksi lentikular adalah galaksi yang bentuknya menerupai lensa.

Kamera canggih untuk survei langit yang disematkan pada teleskop Hubble menangkap galaksi tersebut dalam cahaya yang sangat redup.

NASA menjelaskan, lokasi galaksi lentikular tersebut berada sekitar 44 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pavo.

Pavo merupakan nama latin burung merak dan ini adalah salah satu rasi bintang di langit selatan. Konstelasi Pavo juga merupakan salah satu dari empat rasi bintang yang secara kolektif dikenal sebagai Burung Selatan (Southern Birds).

Baca juga: Seperti Apa Galaksi Monster yang Dipotret Teleskop Hubble?

 

Galaksi NGC 6684 ini memiliki piringan yang besar, tetapi tidak menonjol seperti galaksi-galaksi spiral, misalnya pada Galaksi Andromeda.

Bentuknya yang sedemikian rupa, membuat galaksi tersebut berada di antara galaksi elips dan spiral, yang membuatnya tampak seperti hantu karena tampak diselimuti kabut.

Selain itu, NASA mengatakan, galaksi NGC 6684 juga tidak memiliki jalur debu gelap yang umumnya, pada galaksi lainnya, jalur itu melingkari galaksi sehingga membuat penampakan spektralnya tampak lebih kontras.

Data dalam foto galaksi lentikular yang ditangkap teleskop Hubble ini diambil dalam program sensus alam semesta bertema Every Known Nearby Galaxy. Program ini bertujuan untuk mengamati seluruh galaksi dalam jarak 32,6 juta tahun cahaya, yang belum pernah dieksplorasi oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Sebelum program tersebut dimulai, teleskop Hubble telah mengamati sekitar 75 persen galaksi-galaksi yang ada di dekatnya.

Melalui sensus galaksi yang dilakukan teleskop Hubble ini, para ahli berharap bisa memperoleh informasi tentang bintang-bintang yang menyusun berbagai macam galaksi di berbagai lingkungan di alam semesta ini.

Baca juga: Apa Itu Galaksi Andromeda yang Disebut Tetangga Bima Sakti?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com