Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Beruang Madu, Beruang Terkecil di Dunia

Kompas.com - 07/08/2023, 18:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Fakta menarik beruang madu yang belum lama ini ramai di kalangan warganet adalah kemampuan mereka saat berdiri tegak seperti manusia. Hal ini terungkap dalam sebuah video yang viral di China baru-baru ini. 

Selain kemampuan uniknya tersebut, ada beberapa fakta menarik dari beruang yang berasal dari hutan tropis Asia Tenggara ini.

Fakta menarik beruang madu

Beruang madu adalah salah satu beruang yang unik dan menakjubkan di dunia, namun belum banyak orang yang memahami tentang hewan mempesona ini.

Berikut ini, dikutip dari AZ Animals, Senin (7/8/2023) beberapa fakta menarik tentang beruang madu, hewan yang juga endemik hutan tropis di Indonesia.

Fakta menarik lainnya dari beruang ini adalah ukuran tubuhnya dibanding spesies beruang lainnya. Beruang madu adalah beruang terkecil di dunia, dengan tinggi sekitar 70 Cm di bahu dan beratnya antara 25-68 Kg.

Meski bertubuh lebih kecil dari beruang lainnya, namun Sun Bear memiliki tubuh kekar dan cakar yang besar, kendati ukuran cakarnya masih jauh lebih kecil dibandingkan beruang hitam Amerika yang dapat mencapai bobot 375 Kg dan panda raksasa yang berbobot 350 Kg.

  • Nama unik beruang madu

Beruang madu atau Sun Bear disebut memiliki nama paling indah dan terdengar unik di dunia hewan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Hiu, dari Tidak Bersuara hingga Dapat Hidup Lama

Fakta menarik dari hewan ini, ternyata nama beruang madu yakni Sun Bear berasal dari corak yang melingkar di bagian dada mereka yang berwarna lebih cerah, serta sebagian besar berbentuk huruf U, namun ada pula yang melingkar.

Bernama latin Helarctos malayanus, corak bulu berwarna terang pada beruang madu ini umumnya berwarna oranye, kuning atau putih. Mirip seperti warna matahari yang seolah tengah terbit atau tenggelam di antara langit gelap.

Selain itu, bulu beruang madu cenderung lebih pendek dan halus. Jenis bulu ini sangat cocok untuk beruang madu yang hidup di lungkungan iklim tropis yang terik, sehingga mereka tidak kepanasan.

  • Beruang pemalu dan penyendiri

Beruang madu merupakan hewan penyendiri, dan mereka cenderung individu yang pemalu. Hal itu tak terlepas dari habitatnya yang berada di tengah hutan tropis yang lebat.

Faktanya, sebagai hewan pemalu, hingga saat ini belum banyak peneliti yang bisa mempelajari beruang madu secara lebih mendalam, sehingga sangat sedikit yang bisa kita ketahui tentang hewan ini.

Saat bertemu manusia, beruang madu cenderung akan menghindar, dan mereka tidak terlalu agresif atau berbahaya kecuali jika mereka merasa terancam atau terkejut.

  • Beruang madu beradaptasi dengan memanjat

Fakta menarik lain dari beruang madu, termasuk hewan yang sangat arboreal dan menghabiskan sebagian besar waktunya di antara pepohonan tempat di mana mereka bersarang.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Kucing Purba Bertaring Pedang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com