Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Hiu, dari Tidak Bersuara hingga Dapat Hidup Lama

Kompas.com - 25/07/2023, 17:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Ada sederat fakta menarik dari hiu. Salah satu predator laut ini memiliki jumlah spesies yang sangat beragam, dengan sedikitnya ada lebih dari 500 spesies hiu yang ada di muka Bumi ini.

Spesies hiu di antaranya dari hiu lentera kerdil yang lebih kecil dari tangan manusia, hingga hiu paus yang fakta menariknya, hiu ini dapat tumbuh sepanjang bus sekolah.

Hiu telah ada selama ratusan juta tahun dan meski terus berevolusi, mereka tetap berada dalam bahaya besar, terutama berasal dari manusia.

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2021 di jurnal Nature menunjukkan hiu berada dalam bahaya besar yang sebagian besar karena penangkapan ikan berlebihan.

Imbasnya, menurut studi itu, populasi hiu dan ikan pari turun 71,1 persen antara tahun 1970 hingga 2018.

Fakta menarik hiu

Itu baru sebagian kecil fakta hiu, masih ada yang lain dan mungkin belum banyak diketahui. Seperti apa, berikut di antaranya, seperti dikutip dari CNN, Senin (24/7/2023).

  • Hiu dapat hidup selama ratusan tahun

Hiu memiliki salah satu rentang hidup terpanjang dibandingkan dengan hewan lain.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Laba-laba Black Widow

Fakta yang menarik dari usia panjang hiu ini terungkap dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2016.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science itu menyebutkan Hiu Greenland adalah vertebrata yang paling lama hidup di Bumi.

Peneliti menggunakan penanggalan radiokarbon dan menetapkan bahwa spesies Atlantik Utara ini kemungkinan besar hidup rata-rata setidaknya 272 dan tidak mencapai kematangan hingga usia 150 tahun.

Ilmuwan pun memperkirakan dapat hidup setidaknya selama 400 tahun.

  • Sudah ada sebelum dinosaurus

Bukti paling awal dari fosil hiu berasal dari 450 juta tahun yang lalu, yang berarti makhluk ini telah ada setidaknya 90 juta tahun sebelum pohon dan 190 juta tahun sebelum dinosaurus.

Catherine Macdonald, dari University of Miami’s Rosenstiel School of Marine, Atmospheric and Earth Science menuturkan hiu telah ada sejak sebelum Pangea pecah.

Selain itu, fakta menarik lain dari predator ini, ternyata hiu telah selamat dari lima kepunahan massal yang pernah terjadi di Bumi, salah satunya memusnahkan sekitar 96 persen dari seluruh kehidupan laut.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Kucing Purba Bertaring Pedang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com