Fakta-Fakta Menarik Oppenheimer, Sang Bapak Bom Atom (bagian 1)

Kompas.com - 22/07/2023, 06:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Julius Robert Oppenheimer (1904-1967) dikenal sebagai ujung tombak pengembangan bom atom pertama di dunia.

Kisah Oppenheimer dan fakta menarik tentang Bapak Bom Atom Dunia ini pun mencoba diangkat sutradara Christopher Nolan dalam film layar lebar 'Oppenheimer'.

Kendati dikenal sebagai salah satu ilmuwan besar dunia, namun siapa sangka, kehidupan fisikawan itu tidak hanya berkutat pada laboratorium yang membosankan melainkan penuh dengan kisah menarik.

Fakta menarik Oppenheimer

Dikutip dari Live Science, berikut adalah beberapa fakta menarik yang tidak diketahui dari bapak atom tersebut, berdasarkan biografinya yang berjudul "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" (Knopf, 2005), yang ditulis Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

• Orang pertama yang mengusulkan keberadaan hitam

Oppenheimer adalah orang yang tidak kenal lelah dan suka mengejar keingintahuan intelektualnya.

Setelah diperkenalkan pada astrofisika oleh temannya Richard Tolman, Oppenheimer mulai menerbitkan makalah tentang objek kosmik berteori yang belum ditemukan. Makalah itu termasuk perhitungan sifat katai putih dan batas massa teoritis bintang neutron.