Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-Fakta Menarik Oppenheimer, Sang Bapak Bom Atom (bagian 1)

Kompas.com - 22/07/2023, 06:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Julius Robert Oppenheimer (1904-1967) dikenal sebagai ujung tombak pengembangan bom atom pertama di dunia.

Kisah Oppenheimer dan fakta menarik tentang Bapak Bom Atom Dunia ini pun mencoba diangkat sutradara Christopher Nolan dalam film layar lebar 'Oppenheimer'.

Kendati dikenal sebagai salah satu ilmuwan besar dunia, namun siapa sangka, kehidupan fisikawan itu tidak hanya berkutat pada laboratorium yang membosankan melainkan penuh dengan kisah menarik.

Fakta menarik Oppenheimer

Dikutip dari Live Science, berikut adalah beberapa fakta menarik yang tidak diketahui dari bapak atom tersebut, berdasarkan biografinya yang berjudul "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" (Knopf, 2005), yang ditulis Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

  • Orang pertama yang mengusulkan keberadaan hitam

Oppenheimer adalah orang yang tidak kenal lelah dan suka mengejar keingintahuan intelektualnya.

Setelah diperkenalkan pada astrofisika oleh temannya Richard Tolman, Oppenheimer mulai menerbitkan makalah tentang objek kosmik berteori yang belum ditemukan. Makalah itu termasuk perhitungan sifat katai putih dan batas massa teoritis bintang neutron.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Alexander Agung

Fakta menarik pertama tentang Oppenheimer adalah saat ia dianggap telah meramalkan keberadaan lubang hitam di alam semesta.

Teori itu menjadi prediksi astrofisikanya yang paling menakjubkan pada tahun 1939, ketika ia ikut menulis dengan muridnya Hartland Snyder, makalah berjudul "On Continued Gravitational Contraction."

Makalah tersebut meramalkan bahwa, jauh di kedalaman ruang angkasa, seharusnya ada "bintang sekarat yang tarikan gravitasinya melebihi produksi energinya".

Artikel tersebut mendapat sedikit perhatian pada saat itu tetapi kemudian ditemukan kembali oleh fisikawan yang menyadari bahwa Oppenheimer telah meramalkan keberadaan lubang hitam.

  • Fakta menarik Einstein menyebut Oppenheimer bodoh

Kecerdasaan Oppenheimer yang luar biasa tidak selalu mengatasi ketidakdewasaan emosional dan kenaifan politiknya. Fakta menarik dari sosoknya ini terkait perselisihannya dengan Albert Einstein.

Salah satu contohnya adalah perselisihan yang ia alami dengan Albert Einstein selama puncak McCarthy Red Scare atau praktik membuat tuduhan subversi atau pengkhianatan tanpa mempertimbangkan bukti.

Setelah bertemu dengan Einstein di Institute for Advanced Study di Princeton, Oppenheimer berbicara tentang upaya untuk mencabut izin keamanannya.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Cleopatra Sang Ratu Mesir

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com