Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana matahari total merupakan peristiwa langit yang mempesona, yakni ketika bulan menghalangi cahaya matahari ke Bumi.

Meski menakjubkan, kita tidak boleh melihat gerhana matahari total secara langsung dengan mata telanjang karena dapat menyebabkan kerusakan mata.

Apakah ada gerhana matahari total di planet lain?

Melansir Live Science, sebenarnya, Bumi bukanlah satu-satunya planet di tata surya yang mengalami fenomena gerhana bulan total.

Gerhana matahari total juga dapat terjadi di planet lain, asalkan planet tersebut memiliki bulan yang cukup besar untuk menutupi cakram matahari dari perspektif planet dan mengorbit planet pada bidang yang sama dengan matahari.

Baca juga: Mengapa Jangan Melihat Gerhana Matahari Hibrida dengan Mata Telanjang?

Gerhana matahari total terjadi ketika sebuah planet, bulannya, dan matahari sejajar di sepanjang bidang yang sama, dan bulan berukuran substansial melewati antara planet dan mataharinya sehingga menghalangi cahaya matahari untuk mencapai planet tersebut.

Menurut Christa Van Laerhoven, postdoctoral fellow of astronomy di University of British Columbia, Kanada, hal pertama yang dibutuhkan fenomena gerhana matahari adalah bulan. Dengan demikian, planet-planet tanpa bulan, Merkurius atau Venus, tidak akan mengalaminya.

Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos, tetapi keduanya terlalu kecil untuk membuat gerhana matahari total yang dapat terlihat dari Planet Merah.

Raksasa gas, yakni Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, semuanya dapat mengalami gerhana matahari total karena mereka memiliki bulan yang besar dan matahari tampak kecil bagi mereka.

Baca juga: Bagaimana Gerhana Matahari Bisa Merusak Mata?

Tetapi, karena planet-planet ini terbuat dari gas, tidak mungkin untuk berdiri di atas permukaannya dan melihat gerhana matahari.

Namun, jika memiliki pesawat ruang angkasa khusus yang dapat melayang di dekat planet gas raksasa yang berputar-putar, kita dapat melihat gerhana matahari dengan sangat baik.

Jupiter memiliki hingga 67 bulan, termasuk Ganymede, bulan terbesar di tata surya. Karena bulan-bulan Jupiter mengorbit pada bidang yang sama dengan matahari, planet ini dapat mengalami gerhana matahari.

Lantas, bagaimana dengan planet kerdil, seperti Pluto? Charon (bulan terbesar Pluto) cukup besar dan cukup dekat dengan Pluto untuk menghasilkan gerhana matahari total di planet itu. Tetapi, karena sisi Pluto dan Charon yang sama selalu saling berhadapan, hanya satu sisi Pluto dan Charon yang akan mengalami gerhana.

Baca juga: Apa Itu Fenomena Gerhana Matahari?

Di Bumi, bulan hampir sempurna untuk membuat gerhana. Bulan memiliki ukuran yang tepat, yaitu ukuran yang terlihat sama atau lebih besar dari ukuran matahari yang tampak, seperti yang teramati dari Bumi.

Ini berarti bahwa ketika bulan melintas di depan matahari, fotosfer (kulit terluar matahari) tertutupi, tetapi korona )atmosfer atas matahari) tetap terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com