Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Keju adalah produk susu yang dengan tekstur dan rasa yang sangat beragam. Kandungan nutrisi dan rasa keju bergantung pada cara pembuatannya dan jenis susu yang digunakan.

Beberapa dari kita mungkin khawatir dengan kandungan lemak, natrium, dan kalori yang tinggi dalam keju. Tetapi, keju juga merupakan sumber protein, kalsium, dan beberapa nutrisi lain yang sangat baik.

Bahkan, mengonsumsi keju dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mencegah penyakit jantung serta osteoporosis.

Apa jenis keju yang paling sehat?

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa jenis keju yang paling baik untuk kesehatan.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Keju Terlalu Banyak?

1. Mozzarella

Mozzarella adalah keju putih lembut dengan kadar air tinggi. Jenis keju ini berasal dari Italia dan biasanya dibuat dari susu sapi Italia.

Mozzarella lebih rendah sodium dan kalori daripada kebanyakan keju lainnya. Sebanyak 1 ons mozzarella penuh lemak mengandung:

  • Kalori: 85
  • Protein: 6 g
  • Lemak: 6 g
  • Karbohidrat: 1 g
  • Natrium: 6% dari Nilai Harian atau Daily Value (DV)
  • Kalsium: 11% dari DV

Mozzarella juga mengandung bakteri yang berperan sebagai probiotik, antara lain strain Lactobacillus casei dan Lactobacillus fermentum.

Baca juga: Apakah Tikus Memang Benar-benar Suka Keju?

Studi mengatakan bahwa probiotik tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan keteraturan usus, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi peradangan.

2. Blue cheese

Blue cheese adalah jenis dibuat dari susu sapi, kambing, atau domba yang telah diawetkan dengan biakan dari kapang Penicillium.

Sesuai dengan namanya, blue cheese berwarna putih dengan urat dan bintik biru atau abu-abu. Cetakan yang digunakan untuk membuat keju ini memberikan aroma yang khas dan rasa yang kuat serta tajam.

Blue cheese sangat bergizi dan merupakan sumber kalsium yang baik. 1 ons blue cheese yang dibuat dengan susu murni menyediakan:

  • Kalori: 100
  • Protein: 6 g
  • Lemak: 8 g
  • Karbohidrat: 1 g
  • Natrium: 14% dari DV
  • Kalsium: 12 % dari DV

Baca juga: Keju Kambing: Kandungan dan Manfaat untuk Kesehatan

Karena blue cheese tinggi kalsium, menambahkannya ke dalam makanan dapat membantu mencegah masalah kesehatan terkait tulang.

Meski demikian, blue cheese juga tinggi sodium. Jika sedang menjalani diet rendah natrium, penting untuk mempertimbangkannya.

3. Feta

Feta adalah keju putih dengan rasa asin dan lembut yang berasal dari Yunani. Keju ini biasanya terbuat dari susu domba atau kambing.

Karena feta dikemas dalam air garam untuk menjaga kesegarannya, feta bisa jadi tinggi natrium. Namun, biasanya feta lebih rendah kalori daripada kebanyakan keju lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com