Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 16:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film seperti Tom and Jerry menggambarkan tikus merupakan hewan yang menyukai keju.

Penggambaran tikus yang menyukai keju, juga sering ditampilkan dalam film, dongeng dan kisah fiksi lainnya. Akan tetapi, apakah tikus benar-benar menyukai keju?

Untuk diketahui, tidak semua tikus itu sama. Tikus adalah kelompok beragam yang membentuk beberapa genera berbeda termasuk Apodemus (tikus lapangan) dan Mus (tikus standar).

Setiap spesies tikus terbiasa dengan habitatnya sendiri, seperti tikus kerdil gurun (Mus indutus) di Afrika selatan atau tikus stepa (Mus spicilegus) di Eropa Timus. Namun tikus yang paling dikenal orang adalah tikus rumah (Mus musculus).

Dikutip dari Live Science, Senin (20/2/2023), untuk menjawab pertanyaan apakah tikus benar-benar suka keju, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Drexel Philadelphia menyebut, bahwa tikus rumah mungkin telah berevolusi di Asia Tengah dan Selatan.

Baca juga: Tikus Diduga Menjadi Inang Virus Langya di China, Ini Kata Peneliti

Keju bukan makanan favorit tikus

Dengan bantuan manusia, hewan pengerat ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan soal makanan tikus pun tidak terlalu pilih-pilih.

Seekor tikus rumah akan memakan apa saja yang ada didekatnya.

Itu bisa termasuk biji-bijian, serangga, sampah, dan keju jika memang tersedia, tapi keju ternyata bukanlah makanan favorit tikus.

Sebaliknya, yang tampaknya sangat disukai tikus rumah adalah selai kacang.

"Tikus rumah memiliki indra penciuman yang baik dan menurut mereka selai memiliki bau yang kuat, punya banyak protein dan lemak," terang Phifer-Rixey.

Baca juga: Berusia 9 Tahun, Pat Jadi Tikus Tertua di Dunia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com