Berapa Banyak Fosil Dinosaurus yang Belum Ditemukan?

Kompas.com - 25/07/2023, 15:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Masih banyak fosil dinosaurus yang masih belum ditemukan. Kendati demikian, para ahli paleontologi menemukan dinosaurus baru dengan kecepatan yang mencengangkan.

Rata-rata spesies baru diberi nama setiap dua minggu di seluruh dunia.

Ketika para ahli mengumumkan setiap spesies yang menakjubkan itu, sifat pohon keluarga dinosaurus berubah.

Pemburu fosil tidak hanya mengungkap spesies dinosaurus baru tetapi juga menunjukkan kelompok dinosaurus yang sama sekali tidak dikenal sebelumnya.

Namun sebenarnya berapa banyak fosil dinosaurus yang belum ditemukan?

Fosil dinosaurus yang belum ditemukan

Dikutip dari Smithsonian, Senin (24/7/2023) ahli berhipotesis bahwa masih ada lebih banyak lagi fosil dinosaurus yang belum ditemukan.

Baca juga: Berapa Banyak T-rex yang Hidup di Bumi Sebelum Punah?

"Tidak semua (fosil) dinosaurus baru merupakan bagian dari sauropoda atau stegosaurus. Beberapa mewakili dinosaurus yang tidak diketahui oleh ahli dan dapat mengubah gambaran besar tentang bagaimana evolusi dinosaurus berkembang melalui Periode Trias, Jurasik, dan Kapur," kata Stephen Brusatte, ahli paleontologi dari Universitas Edinburgh.

Contohnya saja, ahli paleontologi baru-baru ini menamai lani, dinosaurus baru dari Utah, yang termasuk dalam kelompok yang disebut rhabdodontomorphs yang baru dikenali pada tahun 2016.

Tahun lalu, para ahli mengumumkan dinosaurus bernama Jakapil dari Argentina yang bisa jadi merupakan bentuk dinosaurus lapis baja awal atau berasal dari kelompok baru seluruhnya.

“Tentu saja ada lebih banyak kelompok di luar sana,” kata ahli paleontologi Institut Teknologi New York, Karen Poole.

Sebuah studi tahun 2006 memperkirakan, para ahli paleontologi telah menemukan kurang dari 30 persen dari semua fosil dinosaurus non-unggas dan untuk menambah jumlah hingga 90 persen akan membutuhkan lebih dari satu abad eksplorasi.