Kompas.com - 22/07/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan memperkirakan bahwa tata surya kita terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, yang kemudian diikuti oleh terbentuknya objek-objek di tata surya.

Berdasarkan studi terbaru, ilmuwan pun akhirnya dapat memperkirakan planet mana yang paling tua di tata surya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Planet tertua di tata surya

Dilansir dari Space, studi menemukan, inti Planet Jupiter telah berkembang menjadi 20 kali lebih masif dari Bumi hanya 1 juta tahun setelah matahari terbentuk.

Menurut Thomas Kruijer, peneliti utama dari University of Munster, Jerman, dan Lawrence Livermore National Laboratory, California, Jupiter adalah planet tertua di tata surya dan inti padatnya terbentuk jauh sebelum gas nebula matahari menghilang, konsisten dengan model akresi inti untuk pembentukan planet raksasa.

Baca juga: Seperti Apa Planet Seukuran Neptunus yang Dihujani Logam?

Setelah tata surya kita terbentuk, matahari terbentuk lebih dulu, dan planet-planet kemudian bertambah dari bahan sisa yang berputar mengelilingi bintang yang baru lahir dalam piringan besar.

Kruijer mengatakan, teori menunjukkan bahwa Jupiter terbentuk cukup awal dalam sejarah tata surya, tetapi usia persis planet ini masih menjadi misteri.

Para peneliti menentukan usia pembentukan dan pertumbuhan Jupiter dengan menganalisis usia meteorit besi tertentu, yakni pecahan inti logam dari planet kuno, yang telah jatuh ke Bumi.

Usia ini ditentukan dengan mengukur kelimpahan isotop molibdenum dan tungsten. Isotop adalah versi unsur dengan jumlah neutron yang berbeda dalam inti atomnya.