Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2023, 17:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang penting dilakukan di setiap tahap kehidupan.

Pasalnya, seiring usia yang bertambah, kepadatan tulang seseorang bisa berkurang sehingga berpengaruh terhadap massa tulang.

Baca juga: Macam-macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

Salah satu dampaknya dari kondisi tersebut adalah bisa menyebabkan osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan pengeroposan tulang dan kurang padat yang dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Penuaan memang tidak bisa dicegah tetapi mengelola dan mengontrol faktor-faktor penyebab osteoporosis dapat menjaga kesehatan tulang seiring dengan bertambahnya usia.

Jadi hal apa yang perlu dilakukan, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Bagaimana Kesepian Dapat Memperpendek Usia?

1. Makan makanan kaya kalsium

Tulang menyimpan sekitar 98 persen kalsium. Sehingga mendapatkan nutrisi pendukung tulang seperti kalsium adalah cara utama untuk membantu mereka tetap sehat dan kuat.

Orang dewasa di bawah 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap hari. Sementara menurut Academy of Nutrition and Dietetics setelah berusia 50 tahun atau lebih, seseorang memerlukan 1200 miligram.

Beberapa makanan yang mengandung kalsiun antara lain yogurt, sayuran berdauan hijau gelap seperti kangkung atau bayam, tahu, dan kacang polong.

2. Asupan nutrisi lain yang menyehatkan tulang

Tapi bukan hanya perlu kalsium, tulang pun memerlukan vitamin D, vitamin K, potasium, dan magnesium untuk membangun tulang yang sehat.

Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan makan berbagai makanan sehat dan padat nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Penyebab Tulang Rusuk Tidak Rata

3. Konsumsi suplemen

Suplemen kalsium dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium jika memang seseorang kesulitan mendapatkan cukup mineral dari makanan saja.

Jadi untuk mengetahui suplemen yang sesuai lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Berolahraga

Aktivitas apa pun yang memberi tekanan pada tulang dapat membantu memperlambat hilangnya kepadatan tulang dan bahkan memacu pertumbuhan tulang baru.

Ini termasuk berjalan, menari, joging, angkat beban, atau olahraga seperti tenis atau basket.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Aman?

Namun perlu diingat bahwa aktivitas ini hanya memperkuat tulang yang memang dilatih. Misalnya, berjalan dan joging membantu tulang di tubuh bagian bawah, tetapi tidak akan memengaruhi tulang lengan atau pergelangan tangan.

5. Berhenti merokok dan perhatikan asupan alkohol

Penggunaan tembakau dan alkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan tulang. Untuk itu jika memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya sedari sekarang mencoba untuk membatasinya termasuk juga mengontrol dalam konsumsi alkohol.

Lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter bila memiliki kekhawatiran terhadap kesehatan tulang. Terutama jika punya riwayat kekurangan kalsium, vitamin D atau mengonsumsi obat yang membahayakan kesehatan tulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com