Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kapal Selam Titan yang Hilang Saat Menuju Bangkai Titanic

Kompas.com - 23/06/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Titan, kapal selam milik pribadi yang membawa lima orang menyelam di laut dalam menuju bangkai kapal Titanic, menghilang di dasar Samudra Atlantik sejak Minggu, (18/6/2023).

Lima orang yang berada di kapal selam Titan ini terdiri dari Hamish Harding, miliarder dan petualang Inggris; Shahzada Dawood, seorang pengusaha Pakistan-Inggris, dan putranya, Suleman; Stockton Rush, kepala eksekutif dan pendiri OceanGate Expeditions; serta Paul-Henri Nargeolet, pilot kapal selam Perancis.

Pencarian besar-besaran pun dilakukan mengingat pasokan oksigen di dalam kapal wisata 'Titanic' tersebut semakin menipis.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (21/6/2023), Laksamana Muda John Mauger dari penjaga pantai Amerika Serikat memperkirakan pasokan oksigen yang tersisa adalah sekitar 20 jam.

Sementara kabar terbaru, suara dentuman terdengar dalam interval 30 menit membuat pihak berwenang bergegas untuk menemukan sumbernya. Namun, Mauger menyebut belum mendapatkan konfirmasi soal suara tersebut.

Kapal selam Titan untuk penelitian

Dikutip dari Live Science, Kamis (22/6/2023), Titan adalah kapal selam penelitian dan survei berkapasitas lima orang yang dioperasikan oleh OceanGate. Ini adalah perusahaan swasta yang menyediakan kapal selam untuk keperluan komersial, penelitian, dan militer.

Baca juga: Mengenal Lubang Terdalam di Dunia Bernama Kola Superdeep Borehole

Titan, kapal selam yang hilang saat menyelam di laut dalam menuju lokasi bangkai kapal Titanic ini, dirancang untuk membawa lima orang, biasanya terdiri dari seorang pilot dan empat awak.

Kapal wisata Titanic itu juga dibuat untuk menyelam hingga kedalaman 4.000 meter dan bergerak dengan kecepatan 3 knot atau 5,6 km per jam. Kapal selam ini memiliki panjang 6,7 meter dan berat 10.400 Kg.

Titan adalah kapal yang dibuat khusus yang desainnya tidak diklasifikasikan.

Terbuat dari titanium dan serat karbon filamen, kapal selam juga dibaut dari luar. Ini berarti kru di dalam tidak dapat membukanya untuk dikeluarkan, tim di permukaan harus membuka segel palka.

Selain itu, kapal selam Titan tersebut dilengkapi dengan empat pendorong listrik yang dikemudikan dengan pengontrol permainan Logitech.

Selama melakukan penyelaman kapal selam Titan menuju bangkai kapal Titanic, OceanGate juga menggunakan teknologi satelit Starlink Elon Musk.

Baca juga: Mengenal Misi Juice, Eksplorasi Planet Jupiter yang Segera Diluncurkan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com