Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Virus Rabies yang Menyebabkan Penyakit Anjing Gila?

Kompas.com - 17/06/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CDC,WHO

KOMPAS.com - Virus rabies adalah patogen yang menyebabkan penyakit anjing gila pada manusia, yang umumnya ditularkan oleh gigitan anjing.

Kasus rabies yang menginfeksi manusia sudah sangat sering terjadi. Menurut WHO, sebanyak 99 persen kasus, anjing peliharaan menjadi penyebab utama penularan virus rabies ke manusia.

Bahkan, infeksi virus rabies, hampir 100 persen fatal yang dapat berdampak parah hingga kematian.

Virus rabies dari hewan liar maupun hewan peliharaan yang terinfeksi, akan menularkannya dari air liur, baik melalui gigitan, cakaran maupun kontak langsung melalui mukosa, misal mata, mulut atau luka terbuka.

Lantas, seperti apa virus rabies itu?

Dilansir dari CDC, Sabtu (17/6/2023), virus rabies termasuk dalam ordo Mononegavirales, yakni virus dengan genom RNA untai negatif yang tidak tersegmentasi.

Baca juga: Apa Itu Rabies yang Sebabkan Bocah 4 Tahun di Sikka Meninggal?

Virus rabies dalam kelompok ini merupakan virus dengan bentuk "peluru", yang diklasifikasikan dalam keluarga Rhabdoviridae, yang mencakup setidaknya tiga genus virus hewan, yaitu Lyssavirus, Ephemerovirus, dan Vesiculovirus.

Adapun genus Lyssvirus mencakup virus rabies, virus kelelawar Lagos, virus Mokola, virus Duvenhage, virus kelelawar Eropa 1 dan 2, serta virus kelelawar Australia.

Struktur virus rabies

Virus rabies dalam keluarga Rhabdovirus memiliki panjang sekitar 18 Nm dan lebar 75 Nm.

CDC mencatat bahwa semua rhabdovirus memiliki dua komponen struktural utama, yakni inti ribonukleoprotein heliks (RNP) dan selubung di sekelilingnya.

Sedangkan di dalam RNP, RNA genom virus rabie dibungkus rapat oleh nukleoprotein. Dua protein virus lainnya, yaitu phospoprotein dan protein besar (L-protein atau polimerase) terkait dengan RNP.

Virus rabies adalah jenis virus RNA, yang genomnya mengkode lima protein yang disebut sebagai nukleoprotein (N), fosfoprotein (P), protein matriks (M), glikoprotein (G), dan polimerase (L).

Baca juga: Apa Saja Gejala Rabies Setelah Digigit Anjing yang Terinfeksi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com