Kenapa Aligator Punya Penis yang Selalu Ereksi?

Kompas.com - 14/06/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Aligator merupakan reptil dengan ekor berotot, tubuh berlapis "baja", dan rahang yang kuat. Dari tampilannya, jelas bahwa aligator berasal dari masa lalu yang jauh.

Dilansir dari National Geographic, spesies ini, kata para ilmuwan, berusia lebih dari 150 juta tahun dan berhasil menghindari kepunahan 65 juta tahun yang lalu, ketika dinosaurus sezaman prasejarah mereka mati.

Meski tampak sangat mirip, buaya dam aligator memiliki sejumlah perbedaan. Buaya dan aligator masuk ke dalam taksonomi yang disebut Crocodylia. Crocodylia dibagi menjadi tiga keluarga (famili) utama, yakni Alligatoridae (aligator), Crocodylidae (buaya), dan Gavialidae (Buaya Senyulong).

Aligator punya penis yang selalu ereksi

Salah satu fakta unik lainnya tentang aligator adalah hewan ini memiliki penis yang selalu ereksi. Penelitian mengungkapkan, tidak seperti banyak reptil dan mamalia lainnya, aligator memiliki penis ereksi permanen yang tersembunyi di dalam tubuh.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Buaya dan Aligator

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Anatomical Record, reptil ini memiliki penis yang ereksi penuh, yang terbuat dari jaringan keras dan berserat, yang dapat keluar dari tubuh mereka dan ditarik kembali dengan cepat.

Dilansir dari Live Science, Diane Kelly, ahli anatomi di University of Massachusett, sekaligus peneliti studi tersebut mengatakan, hal ini sangat menarik dan aneh karena sangat berbeda dari apa pun yang pernah dilihat para ilmuwan pada hewan vertebrata.

Menurut Kelly, masih sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana aligator kawin. Pada tahun 1915, seorang ilmuwan secara singkat mendeskripsikan penis aligator dalam sebuah makalah, tetapi ilmuwan tersebut juga mengatakan bahwa ia tidak tahu cara kerjanya.

Untuk mengetahuinya, Kelly menganalisis beberapa aligator Amerika mati dari Suaka Margasatwa Rockefeller, Louisiana, yang salah satunya memiliki panjang lebih dari 4 meter.