Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Gejala Gangguan Kepribadian Narsistik yang Perlu Dikenali

Kompas.com - 14/06/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gangguan kepribadian narsistik atau narcissistic personality disorder (NPD) merupakan kondisi yang kontroversial karena sering disalahpahami. 

NPD juga kerap distigmatisasi sebagai pilihan perilaku pribadi, padahal sebenarnya tidak. Orang dengan NPD sering dianggap egois, kurang empati, dan sangat membutuhkan perhatian serta pengakuan. 

Orang dengan NPD dapat menghadapi tantangan dalam hubungan mereka karena cara mereka dipersepsikan dan cara mereka bertindak.

Apa itu gangguan kepribadian narsistik?

Dilansir dari PsychCentral, NPD adalah diagnosis kesehatan mental formal dan bukan sekadar tipe kepribadian atau pilihan pribadi.

Baca juga: Ternyata, Narsis Tanda Anda Tak Bahagia dengan Penampilan Sendiri

Kondisi kesehatan mental, termasuk gangguan kepribadian, dapat memengaruhi perasaan, pemikiran, dan perilaku seseorang.

Pada gilirannya, ini dapat sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan bagaimana orang tersebut berfungsi dalam hubungan mereka, di tempat kerja, dan secara umum.

Peneliti menemukan bahwa, khususnya, seseorang dengan NPD mungkin memiliki kemampuan yang lebih rendah daripada orang lain untuk mengakui dan memahami bagaimana dan mengapa mereka berpikir dan berperilaku seperti itu.

Demikian pula, orang dengan NPD mungkin mengalami kesulitan terhubung dengan apa yang dirasakan atau dilakukan orang lain.

Baca juga: Apa Saja Gejala Sindrom Stiff Person yang Dialami Celine Dion?

Sebagai gangguan kepribadian cluster B, NPD utamanya ditandai oleh perilaku yang dramatis dan berlebihan, emosional dan intens, serta tidak menentu dan tidak dapat diprediksi.

Meski demikian, tidak semua orang dengan kepribadian narsistik berperilaku dengan cara yang sama. Ini sebagian karena ada berbagai jenis narsisme.

Perlu diingat bahwa NPD adalah kondisi kesehatan mental. Kondisi ini tidak merujuk pada seseorang yang memiliki percaya diri yang tinggi, menunjukkan kepercayaan sosial, bersikap asertif, bangga dengan prestasi mereka, dan menjaga penampilan fisik.

Apa saja gejala NPD

Orang dengan NPD memiliki perasaan yang sangat berlebihan tentang kepentingan mereka sendiri. Menurut Health Direct, gejala utama NPD: 

Baca juga: Apa Saja Gejala OCD Seperti yang Dialami David Beckham?

  1. Perasaan menjadi superior
  2. Berfantasi tentang kekuatan, kecantikan, kesuksesan dan kecerdasan 
  3. Melebih-lebihkan prestasi dan kemampuan terus-menerus
  4. Mencari perhatian dan kekaguman Menjadi sangat sensitif terhadap stres 
  5. Superioritas, khususnya terhadap orang-orang yang dianggap 'lebih rendah' statusnya 
  6. Obsesi dengan kelas dan status
  7. Percaya bahwa orang lain iri pada mereka 
  8. Mengharapkan pujian dan pengakuan terus-menerus atas prestasi 
  9. Menetapkan tujuan yang tidak realistis 

Orang dengan NPD kesulitan menerima kritik dan mudah merasa sakit hati. Mereka mungkin tidak dapat mengakui bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan dapat menjadi sangat marah jika perintah atau arahan mereka tidak diikuti oleh orang lain. 

Mereka juga kerap memiliki masalah dalam hubungan yang mungkin disebabkan oleh:

  1. Ketidakmampuan untuk mendengarkan orang lain
  2. Kurangnya kesadaran tentang orang lain 
  3. Mengeksploitasi orang lain untuk keuntungan pribadi
  4. Kurang empati 
  5. Keinginan kuat untuk mengendalikan 
  6. Iri pada mereka yang dianggap berstatus lebih tinggi 

Baca juga: 6 Gejala Highway Hypnosis Saat Mengemudi

Orang dengan NPD berisiko tinggi menggunakan alkohol dan menarik diri secara sosial. Mereka mungkin memiliki perasaan tidak aman yang mendalam di balik penampilan luar yang arogan. 

Dengan perawatan yang tepat dan efektif, adalah mungkin bagi orang dengan NPD untuk belajar mengubah perilaku dan membangun hubungan yang lebih positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com