Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2023, 07:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang terbiasa sarapan sebelum beraktivitas. Untuk itu, memilih makanan bergizi dapat memberikan energi yang tahan lama dan membuat rasa kenyang bertahan selama berjam-jam.

Di samping itu, pastikan untuk menghindari pilihan makanan yang tidak sehat saat sarapan, seperti makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. 

Makanan terbaik untuk dikonsumsi di pagi hari

Dilansir dari Medical News Today dan Healthline, berikut adalah beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi di pagi hari.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah pembangkit tenaga, yang mengandung beta glucan, yaknu serat kental dan lengket yang membantu kita merasa kenyang lebih lama dan juga dapat menurunkan kolesterol.

Baca juga: Gosok Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan, Mana yang Lebih Baik?

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi oatmeal untuk sarapan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit di siang hari. 

Oat juga kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3, folat, dan potasium. Selain itu, oat juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah.

2. Telur

Beberapa orang berpikir bahwa telur merupakan makanan yang tidak sehat karena jumlah kolesterol yang dikandungnya.

Namun, riset menunjukkan bahwa kolesterol dari telur hanya berdampak kecil pada kolesterol jahat dalam darah.

Studi kecil terhadap orang yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular menemukan bahwa makan telur utuh dan mengurangi konsumsi karbohidrat secara moderat menghasilkan perbaikan kadar kolesterol darah. Ini juga mengurangi lingkar pinggang, berat badan, dan lemak tubuh.

Baca juga: Apakah Sarapan Pisang Baik untuk Kesehatan?

3. Kacang

Bagi yang tidak makan makanan hewani, mengonsumsi kacang adalah cara lain yang baik untuk mendapatkan protein yang cukup.

Kacang mengandung antioksidan, magnesium, potasium, dan lemak yang menyehatkan jantung.

Menurut sebuah penelitian selama 30 tahun di New England Journal of Medicine, orang yang mengonsumsi kacang tujuh kali atau lebih per minggu memiliki risiko kematian 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang.

4. Yogurt Yunani

Yoghurt Yunani adalah sumber yang sangat baik untuk dimakan di pagi hari. Yoghurt Yunani mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa.

Yogurt Yunani juga kaya akan kalsium dan mengandung probiotik yang membantu mendukung kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Benarkah Tidak Sarapan Bisa Bikin Gemuk?

5. Pisang

Pisang mengandung pati resisten. Sementara itu, tubuh tidak mencerna pati yang resisten sehingga ia melewati tubuh tanpa perubahan, yang membantu mendukung kesehatan pencernaan.

Pisang mentah mengandung lebih banyak pati resisten daripada pisang matang, yang memiliki lebih banyak gula alami.

Pisang juga merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat mendukung tekanan darah yang sehat.

6. Roti gandum

Roti gandum utuh tinggi serat dan karbohidrat kompleks, yang dicerna dengan lambat dan tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Untuk tambahan nutrisinya, tambahkan berbagai makanan sehat lainnya, seperti alpukat, selai kacang, berry, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com