Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2023, 08:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Black panther atau macan kumbang merupakan kucing besar yang diklasifikasikan dalam genus Panthera dengan ciri-ciri bulu berwarna hitam. 

Macan kumbang cukup umum ditemukan di Asia dan Afrika. Mereka kebanyakan hidup di hutan yang gelap, lebat, dan basah, seperti di sepanjang pegunungan Afrika dan hutan tropis di Asia Selatan dan Tenggara.

Kenapa macan kumbang berwarna hitam?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, warna bulu yang hitam pada macan kumbang dikaitkan dengan alel resesif pada macan tutul dan alel dominan pada jaguar.

Pada setiap spesies, kombinasi alel tertentu merangsang produksi melanin pigmen gelap dalam jumlah besar di bulu dan kulit hewan.

Baca juga: Kenapa Cheetah Tidak Bisa Mengaum?

Meskipun konsentrasi melanin sering bervariasi di antara anggota serasah yang sama, individu yang memiliki bulu hitam sepenuhnya jarang ditemui. 

Hitam hitam juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti sudut datangnya cahaya dan tahap kehidupan hewan tersebut.

Misalnya, beberapa macan tutul dan jaguar melanistik memiliki bulu yang benar-benar hitam karena detail bulu mereka yang lebih halus tertutup oleh cahaya yang menyebar. 

Namun, di bawah sinar matahari penuh, pola bulu yang berbintik-bintik samar dapat terlihat. 

Selain itu, bulu yang menghitam dapat terbentuk akibat retensi bintik hitam dari tahap remaja, yang dapat melengkapi konsentrasi bulu berwarna gelap lainnya hingga dewasa.

Baca juga: Kenapa Kuda Laut Jantan Hamil dan Melahirkan?

Pada spesies lain, seperti lynx, bulu hitam juga dapat disebabkan oleh perubahan warna musiman.

Macan kumbang sebenarnya adalah jaguar atau macan tutul

Dikutip dari Smithsonian Magazine, sebenarnya, macan kumbang adalah istilah yang digunakan untuk jaguar hitam (Panthera onca) dan macan tutul (Panthera pardus).

Hewan-hewan tersebut melanistik, yang artinya mereka memiliki bulu berpigmen gelap. 

Istilah “macan kumbang” sendiri berasal dari genus Panthera, yang mencakup spesies kontemporer seperti jaguar dan macan tutul, serta singa dan harimau. Mereka dikelompokkan bersama karena ciri tengkoraknya yang mirip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com