Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2023, 16:04 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kapibara adalah hewan pengerat paling besar di dunia, yang beratnya mencapai 64 kg dan panjangnya mencapai 1,4 m. 

Kapibara telah ada selama ribuan tahun. Hewan-hewan ini biasanya bepergian dalam kelompok, yang terdiri dari 10 hingga 100 anggota.

Kapibara memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah mereka merupakan makhluk yang sangat sosial dan bisa berteman dengan banyak spesies hewan.

Bahkan, kapibara bisa akur dengan buaya yang dikenal sebagai predator ganas. 

Baca juga: Berapa Lama Buaya Bisa Bertahan di Dalam Air?

Kenapa buaya tidak makan kapibara? 

Bukan hal yang aneh jika hewan yang ramah ini membentuk ikatan yang erat dengan hewan-hewan lainnya.

Kapibara bahkan terkenal rukun dengan predator berbahaya seperti buaya tanpa diserang. 

Dilansir dari AZ Animals, buaya tidak makan kapibara karena kapibara terlalu besar untuk ditelan buaya, jadi mereka bisa bersantai di perairan yang sama. 

Tidak jarang, kapibara juga berjemur di bawah sinar matahari bersama buaya. Pemandangan ini benar-benar memperlihatkan persahabatan yang unik antara kapibara dan buaya.

Di beberapa kesempatan, kapibara dan buaya tampak menghabiskan waktu bersama karena kapibara juga membutuhkan air untuk menjaga kelembapan kulitnya yang kering sehingga mereka hanya ditemukan di daerah dengan sumber air yang melimpah.

Baca juga: Kenapa Masyarakat Mesir Kuno Memuja Buaya?

Dilansir dari Live Science, beberapa habitat lembap kapibara adalah muara, rawa-rawa, tepi sungai dan sepanjang sungai di Amerika Tengah dan Selatan. 

Kapibara, yang juga disebut babi air, biasanya tidur di sepanjang sumber air di vegetasi lebat untuk bersembunyi dari pemangsa dan tetap sejuk. Terkadang kapibara juga tidur di lumpur atau air dangkal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com