Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Hari kedua Ramadan, langit malam dihiasi dengan fenomena astronomis yang menarik, yakni okultasi Venus dan Bulan yang tampak cahaya Bulan dan Bintang memancar indah.

Bintang bercahaya di atas ujung bulan sabit itu adalah planet Venus. Keindahan ini pun ramai diperbincangkan di media massa, Jumat (24/3/2023).

Namun, apa sebenarnya fenomena okultasi itu, dan bagaimana Venus dan Bulan begitu tampak bersinar?

Dilansir dari Space, Sabtu (25/3/2023), fenomena langit berupa okultasi di luar angkasa terjadi ketika satu objek lewat di depan objek langit lainnya dari sudut pandang pengamat.

Misalnya, saat gerhana matahari, yang jika dari daerah tertentu di Bumi, bulan akan melintas di depan Matahari dan ia akan menghalangi cahaya sebagian atau seluruhnya. Dapat dikatakan yang bahwa matahari 'tergerhana' atau 'terokultasi'. Contoh lain fenomena okultasi adalah gerhana bulan.

Gerhana atau fenomena okultasi akan mengubah bulan menjadi warna merah kecokelatan karena menangkap cahaya yang dipantulkan di tepi atmosfer Bumi, yang memiliki panjang gelombang paling panjang.

Baca juga: Apa Itu Fenomena Bulan Bercincin yang Disebut Halo?

Fenomena okultasi adalah peristiwa astronomis yang tidak hanya terjadi di Bumi, karena ini juga bisa terjadi di mana saja di alam semesta.

Ada beberapa jenis fenomena okultasi, di antaranya sebagai berikut.

Okultasi bulan

Fenomena langit ini terjadi saat Bulan bergerak di jalur langit kita yang disebut ekliptika.

Jalur ini mewakili bidang atta surya dan perkiraan area tersebut adalah tempat di mana matahari, bulan dan planet-planet bergerak di langit Bumi. Artinya Bulan kadangkala dapat melewati di depan planet dan bintang yang jauh.

Saat fenomena okultasi lunar Venus dan Bulan, penampakan kedua tampak beragam di berbagai belahan bumi. Di langit Indonesia, peristiwa ini hadir seolah bintang berada di atas ujung bulan sabit.

Namun, di beberapa belahan bumi lainnya, planet Venus yang tampak seperti bintang berada di bawah bulan sabit saat fenomena okultasi terjadi.

Baca juga: Apa Itu Fenomena New Moon?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com