Kompas.com - 19/03/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kita kerap mengaitkan merinding sebagai reaksi fisik atas hal-hal mistis.

Namun, faktanya, ada penjelasan ilmiah mengenai merinding. Para ilmuwan telah melihat reaksi fisik ini dari sudut pandang sains dan meneliti penyebabnya.

Kenapa kita merinding?

Dilansir dari Science Alert, penelitian menunjukkan, merinding dapat berguna terhadap udara dingin, yakni untuk mengatur sel induk yang mengontrol folikel rambut dan pertumbuhan rambut.

Dalam analisis terhadap tikus, para ilmuwan menemukan bahwa otot-otot tertentu yang berkontraksi ketika merinding terhubung ke sistem saraf simpatik.

Baca juga: Apa Penyebab Sulit Bangun Pagi?

Ketika suhu rendah, otot-otot ini menjembatani celah antara saraf simpatik dan folikel rambut.

Dalam jangka pendek, ini menyebabkan rambut berdiri dan merinding. Sementara itu, dalam jangka panjang, tampaknya meningkatkan pertumbuhan rambut.

Para peneliti mengatakan, ini adalah hubungan penting antara sel induk, yang dapat digunakan tubuh untuk membuat jenis sel, dan rangsangan eksternal.

Ahlu biologi, Ya-Chieh Hsu, dari Universitas Harvard, mengatakan bahwa kulit adalah sistem yang menarik karena memiliki banyak sel puncak yang dikelilingi oleh berbagai jenis sel dan terletak di antarmuka antara tubuh manusia dan dunia luar.

Oleh sebab itu, sel induk berpotensi merespons beragam rangsangan, bahkan dari lingkungan luar.