Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sedih adalah emosi alami yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan kesedihannya.

Salah satu cara yang sering dilakukan saat sedih adalah mendengarkan lagu-lagu dengan musik dan lirik yang menyahat hati. 

Bahkan, beberapa dari kita mungkin kerap menikmati musik sedih, meski sedang tidak bersedih

Penyebab orang menyukai musik sedih

Dilansir dari Psychology Today, akumulasi bukti ilmiah menunjukkan bahwa kesenangan menikmati musik sedih terkait dengan kombinasi dari faktor-faktor berikut ini:

Baca juga: Kenapa Orang Melakukan Bullying?

1. Nostalgia

Musik sedih adalah pemicu yang kuat untuk kenangan nostalgia di masa lalu.

Menilik kembali ingatan nostalgia dapat meningkatkan suasana hati, terutama jika ingatan itu terkait dengan momen-momen penting dan bermakna dalam hidup.

2. Emosi pengganti

Musik menghasilkan emosi pengganti bagi pendengar tanpa implikasi ke kehidupan nyata.

Dalam hal ini, musik sedih membantu kita menyalurkan rasa frustrasi atau membersihkan emosi negatif, seperti kemarahan dan kesedihan. 

Hal demikian merupakan katarsis karena saat kita mendengarkan musik sedih atau menonton film sedih, kita terputus dari ancaman atau bahaya nyata apa pun yang diwakili oleh musik atau film tersebut. 

Baca juga: Kenapa Orang Suka Memukul Saat Marah?

3. Hormon prolaktin

Pada tingkat biologis, musik sedih terkait dengan hormon prolaktin. yang dikaitkan dengan tangisan dan membantu meredakan kesedihan. 

Musik sedih menipu otak untuk melakukan respons kompensasi yang normal dengan melepaskan hormon prolaktin. 

Dengan tidak adanya peristiwa traumatis, tubuh dibiarkan dengan campuran opiat yang menyenangkan tanpa tujuan lain. Hormon prolaktin menghasilkan perasaan tenang untuk menangkal rasa sakit mental. 

4. Empati

Empati memainkan peran penting dalam menikmati musik sedih. Empati dapat didefinisikan secara umum sebagai proses saat kita berusaha memahami dan merasakan apa yang dialami orang lain. 

Ekspresi kesedihan dan kesedihan cenderung membangkitkan dukungan dan bantuan pada orang lain. 

Baca juga: Apa Itu Ghosting dan Kenapa Orang Melakukannya?

Demikian pula, mendengarkan musik sedih dapat membangkitkan perhatian empatik pada orang yang memiliki kecenderungan empati yang kuat.

5. Regulasi suasana hati

Musik sedih menghasilkan manfaat psikologis melalui pengaturan suasana hati. Musik sedih memungkinkan pendengar untuk melepaskan diri dari situasi yang menyusahkan, seperti putus cinta, suka kehilangan, dan lain-lain.

Selain itu, lirik yang beresonansi dengan pengalaman pribadi pendengar dapat menyuarakan perasaan atau pengalaman yang mungkin tidak dapat diungkapkan oleh seseorang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com