Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Teh Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 08/02/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Teh merupakan minuman berkhasiat yang umumnya terbuat dari daun tanaman Camellia sinesis.

Teh dikenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa teh dapat meningkatkan penurunan berat badan dan membantu menghilangkan lemak perut. 

Jenis teh untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa jenis teh yang kandungannya lebih unggul dan mampu menurunkan berat badan. Berikut adalah daftarnya:

Baca juga: Benarkah Teh Hitam Bisa Menyuburkan Rambut?

1. Teh hijau

Ilustrasi teh hijauappledeng Ilustrasi teh hijau

Teh hijau adalah salah satu teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Ada bukti substansial yang menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Dalam satu studi tahun 2008, 60 orang gemuk mengikuti diet standar selama 12 minggu dengan minum teh hijau atau plasebo secara teratur.

Selama penelitian, peserta yang minum teh hijau kehilangan berat badan 3,3 kg lebih banyak daripada kelompok plasebo.

Studi lain menemukan, orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang yang signifikan.

Khasiat ini mungkin didapat dari ekstrak teh hijau yang sangat tinggi katekin, yakni antioksidan alami yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.

Baca juga: Apakah Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Teh hitam

teh hitamshutterstock teh hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang mengalami oksidasi lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Oksidasi adalah reaksi kimia yang terjadi ketika daun teh terpapar udara sehingga terjadi pencoklatan yang menyebabkan warna teh menjadi gelap.

Ada banyak jenis dan campuran teh hitam yang tersedia, termasuk varietas populer, seperti earl grey dan English breakfast.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh hitam bisa efektif untuk mengontrol berat badan. Satu penelitian terhadap 111 orang menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang.

Beberapa orang berteori bahwa potensi efek penurunan berat badan teh hitam mungkin karena kandungan flavonnya yang tinggi, yakni sejenis pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Terlalu Banyak Minum Teh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com